Niat Puasa Tasua dan Asyura Lengkap dengan Keutamaan Serta Asal-Usulnya

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 15:41 WIB
Selain berisi tentang bacaan niat puasa Tasua dan Asyura, artikel ini juga membahas tentang keutamaan dan asal usulnya. (Freepik)
Selain berisi tentang bacaan niat puasa Tasua dan Asyura, artikel ini juga membahas tentang keutamaan dan asal usulnya. (Freepik)

Selain berisi tentang bacaan niat puasa Tasua dan Asyura, artikel ini juga membahas tentang keutamaan dan asal usulnya.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Muharram adalah salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala, selain Sya’ban, Dzulqo’dah dan Dzulhijjah.

Siapa saja yang melakukan ibadah dan amalan baik di bulan Muharram akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kemudian siapa saja yang berbuat dosa dengan melakukan amal buruk, maka dilipatgandakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala siksaannya.

Banyak ibadah yang bisa dilakukan di bulan Muharram, salah satunya dengan memperbanyak dzikir, sholat sunnah dan berpuasa, seperti yang disampaikan dalam hadits Rasulullah yang artinya:

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw bersabda: ‘Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam.” (HR Muslim).

Kemudian diperkuat oleh hadits lainnya yang juga diriwayatkan oleh Imam Muslim yang artinya:

“Diriwayatkan dari Abu Qatadah ra: sungguh Rasulullah saw bersabda pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab: ‘Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat’.” (HR Muslim)

Baca Juga: Hukum Puasa Asyura Tanpa Puasa Tasua, Apa Boleh? Lebih Baik Kerjakan Ini Ungkap Buya Yahya

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Sholawat Nabi dengan 18 Keutamaannya

Minggu, 2 Oktober 2022 | 06:00 WIB

Keutamaan Sholawat Nabi dan 20 Manfaatnya dalam Islam

Minggu, 2 Oktober 2022 | 05:00 WIB

5 Keutamaan Membaca Alquran dan Menghafalnya di Rumah

Minggu, 2 Oktober 2022 | 04:00 WIB

3 Amalan Khusus supaya Rezeki Bertambah

Jumat, 23 September 2022 | 21:41 WIB
X