Jadwal Puasa Asyura Disertai Niat hingga Keutamaan Puasa 10 Muharram

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 14:51 WIB
Ketahui jadwal puasa Asyura di dalam artikel berikut ini.Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untukAnda semua. (Pexels/Ahmed Aqtai)
Ketahui jadwal puasa Asyura di dalam artikel berikut ini.Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untukAnda semua. (Pexels/Ahmed Aqtai)

Ketahui jadwal puasa Asyura di dalam artikel berikut ini.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bila merujuk pada penanggalan kalender Hijriah, bulan ini sudah memasuki bulan Muharram. Bulan pertama tahun Hijriah ini merupakan salah satu bulan yang memiliki keutamaan yang besar.

Salah satu keutamaan bulan pertama tahun Hijriah ini ialah terdapat ibadah puasa yang paling utama selain bulan Ramadhan yakni puasa Muharram.

Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadis riwayat Muslim yang bersumber dari Abu Hurairah berikut:

Rasulullah SAW bersabda: Puasa paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, yakni Muharram. Sementara sholat paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam.

Hadis di atas menjelaskan secara jelas bahwa Rasulullah SAW sangat menganjurkan umat islam untuk melaksanakan puasa Muharram.

Namun, hadis tersebut tidak menjelaskan lebih rinci mengenai kapan waktu pelaksanaan puasa Muharram. Apakah dilaksanakan setiap hari ataupun pada hari-hari tertentu saja di bulan Muharram.

Baca Juga: Sejarah Puasa Asyura serta Peristiwa Penting di Tanggal 10 Muharram

Mengenai cara menunaikan puasa Muharram, Al-Mubarakfuri dalam Tuhfatul Ahwadzi (syarah sunah Tirmidzi) menjelaskan bahwa terdapat 3 macam puasa Muharram yang dianjurkan Rasulullah:

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Amalan Khusus supaya Rezeki Bertambah

Jumat, 23 September 2022 | 21:41 WIB

Manfaat Salat Subuh untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 11 September 2022 | 05:00 WIB
X