Tata Cara Puasa Tasua Minggu 7 Agustus 2022, Niat, dan Doa Berbuka Puasanya

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 21:02 WIB
Tata Cara Puasa Tasua Minggu 7 Agustus 2022, Niat, dan Doa Berbuka Puasanya (Pixabay)
Tata Cara Puasa Tasua Minggu 7 Agustus 2022, Niat, dan Doa Berbuka Puasanya (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Bagaimanakah tata cara puasa tasua? Menurut penanggalan kalender Hijriah, kini kita sudah memasuki bulan Muharram. Pada bulan ini terdapat amalan puasa sunnah yang memiliki keutamaan yang besar selain puasa Ramadhan yakni puasa Muharram.

Mengenai keutamaan puasa Muharram, Nabi Muhammad SAW bersabda sebagaimana hadis berikut ini:

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, yakni Muharram. Dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam. (HR. Muslim).

Baca Juga: Keutamaan Puasa Tasua 7 Agustus 2022, Hukum dan Bacaan Niatnya

Hadist di atas menjelaskan secara jelas bahwa Rasulullah sangat menganjurkan umat islam untuk melaksanakan puasa Muharram.

Namun, hadist tersebut tidak menjelaskan lebih rinci mengenai kapan waktu pelaksanaan puasa Muharram. Apakah setiap hari ataupun pada hari tertentu saja.

Mengenai cara menunaikan puasa Muharram, Al-Mubarakfuri dalam Tuhfatul Ahwadzi (syarah sunan Tirmidzi) menjelaskan bahwa terdapat 3 macam puasa Muharram yang dianjurkan Rasulullah:

Baca Juga: Puasa Asyura 10 Muharram Berasal dari Tradisi Kaum Yahudi? Begini Hadits dan Sabda Rasulullah

Pertama, yang paling utama ialah puasa di hari kesepuluh beserta satu hari sebelumnya (9 Muharram) dan sesudahnya (11 Muharram).

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Amalan Ibadah Terbaik di Bulan Muharram

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:24 WIB
X