Niat Mandi Wajib Puasa Tasua Bagi Pria dan Wanita Lengkap Tata Caranya

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Bacaan niat mandi wajib sebelum menjalankan puasa Tasua pada 9 Muharram bagi pria dan wanita dapat dilafalkan sebelum melaksanakan tata cara mandi junub. (Pixabay.com/955169)
Bacaan niat mandi wajib sebelum menjalankan puasa Tasua pada 9 Muharram bagi pria dan wanita dapat dilafalkan sebelum melaksanakan tata cara mandi junub. (Pixabay.com/955169)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Bacaan niat mandi wajib sebelum menjalankan puasa Tasua pada 9 Muharram bagi pria dan wanita dapat dilafalkan sebelum melaksanakan tata cara mandi junub.

Terdapat enam hal yang menjadi sebab dilakukannya mandi wajib sebelum menjalankan puasa Tasua pada 9 Muharram, yaitu keluar mani, berhubungan badan, haid, melahirkan, nifas, dan meninggal.

Apakah ada mandi sunnah (selain mandi wajib) yang dilakukan sebelum menjalankan puasa Tasua pada 9 Muharram?

Baca Juga: Niat Puasa Tasua dan Asyura Malam dan Siang Hari Bulan Muharram, Amalkan agar Dosa Setahun Lalu Dihapus

Menurut Ibnu Qasim al-Ghazi dalam kitab Fathul Qarib, macam-macam mandi sunnah terdiri dari mandi Jumat, Idul Fitri, Idul Adha, gerhana bulan, gerhana matahari, istisqa (sholat meminta hujan), setelah memandikan mayat, mualaf, sembuh dari gila, sembuh dari ayan, ihram, masuk Makkah, wukuf di Arafah, bermalam di Muzdalifah, lempar jumrah, tawaf ifadah, dan tawaf wada.

Jadi, tidak ada mandi sunnah yang khusus dilakukan sebelum menjalankan puasa Tasua pada 9 Muharram. Namun, yang ada hanyalah mandi wajib sebelum menjalankan puasa Tasua.

Menurut Ustaz Maududi Abdullah melalui akun YouTube Maududi Abdullah, tidak ada mandi wajib yang dikhususkan sebelum puasa Ramadhan. Hal ini tentunya juga berlaku bagi puasa Tasua.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Doa Berbuka dan Tanggal Pelaksanaannya

“Mandi ya silakan mandi. Tapi nggak ada hubungannya mandi menyambut bulan Ramadhan. Yang ada itu mandi junub, mandi nifas, mandi haid, mandi mau masuk Makkah ketika berihram, mandi ketika akan berihram. Ada ketentangan mandi diperintahkan oleh Nabi kita tercinta Shalallahu Alaihi Wasallam. Mandi ketika taubat dari kufur,” kata Ustaz Maududi Abdullah, dikutip Ayobandung.com pada Sabtu, 6 Agustus 2022.

Lantas bagaimana bacaan niat mandi wajib sebelum menjalankan puasa Tasua pada 9 Muharram bagi pria dan wanita serta tata cara mandi junub?

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X