Niat Puasa Tasua dan Asyura Malam dan Siang Hari Bulan Muharram, Amalkan agar Dosa Setahun Lalu Dihapus

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:28 WIB
Simak bacaan niat puasa Tasua dan puasa Asyura bulan Muharram yang dapat dilafalkan baik di malam hari ataupun di siang hari (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)
Simak bacaan niat puasa Tasua dan puasa Asyura bulan Muharram yang dapat dilafalkan baik di malam hari ataupun di siang hari (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Bacaan niat puasa Tasua dan puasa Asyura bulan Muharram dapat dilafalkan baik di malam hari ataupun di siang hari jika anda lupa melafalkannya di malam harinya.

Puasa di bulan Muharram adalah puasa yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana Rasulullah pernah bersabda bahwa puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram.

Dua macam puasa yang dapat dilakukan di bulan Muharram, yaitu puasa Tasua pada 9 Muharram dan puasa Asyura pada 10 Muharram, tentunya didahului dengan pembacaan niat puasa Tasua dan puasa Asyura.

Baca Juga: Gunung Papandayan: Kawah Cinta Calon Tsar Rusia hingga Putra Mahkota Kerajaan Austria-Hongaria

Adapun pada bulan Agustus 2022 ini puasa Tasua dilakukan tepat pada Ahad, 7 Agustus 2022. Sedangkan, puasa Asyura dilakukan tepat pada Senin, 8 Agustus 2022.

Menjalankan puasa Asyura lengkap dengan bacaan niat bagi umat muslim akan mendapatkan keutamaan yaitu penghapusan dosa pada waktu setahun yang lalu.

Pelaksanaan puasa Asyura sebelumnya telah dilakukan oleh kaum Yahudi. Sehingga, Nabi Muhammad SAW memberlakukan puasa Tasua pada tahun depannya agar tidak menyerupai puasanya kaum Yahudi. Namun, sayangnya beliau wafat di tahun depan tersebut.

Perlu diketahui pada 10 Muharram terdapat sejarah 12 peristiwa penting yang terjadi pada para Nabi dan cucu Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: 3 Macam Puasa Muharram Sesuai Anjuran Rasulullah yang Dapat Anda Ditunaikan

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Alasan Harta Ferdy Sambo tak Tercatat di LKHPN

Senin, 15 Agustus 2022 | 14:05 WIB
X