Puasa Muharram Berapa Lama? Ini 3 Hari yang Dianjurkan Puasa Sunnah Termasuk Asyura

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:40 WIB
Puasa Muharram Berapa Lama? Ini 3 Hari Puasa yang Dianjurkan Sunnah di Bulan Muharram, Termasuk Asyura (Pixabay/Mohamed_hassan)
Puasa Muharram Berapa Lama? Ini 3 Hari Puasa yang Dianjurkan Sunnah di Bulan Muharram, Termasuk Asyura (Pixabay/Mohamed_hassan)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Puasa Muharram berapa hari? Ini daftar 3 hari puasa di bulan Muharram, termasuk hari Asyura.

Bulan Muharram adalah salah satu dari 4 bulan yang memiliki banyak keistimewaan dan kemuliaan.

Sehingga banyak umat muslim yang mengisinya dengan ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, salah satunya dengan puasa karena mendapat pahala yang berkali lipat.

Lantas berapa hari puasa di bulan Muharram, adakah selain di hari Asyura?

Baca Juga: Puasa Asyura 2022: Sejarah, Niat Puasa dan Waktu Pelaksanaan Lengkap!

Menjawab pertanyaan di atas, Al-Mubarakfuri dalam Tuhfatul Ahwadzi (syarah sunan Tirmidzi) menjelaskan dikutip dari situs resmi milik NU.

صَوْمِ الْمُحَرَّمِ ثَلَاثَةٌ الْأَفْضَلُ أَنْ يَصُومَ يَوْمَ الْعَاشِرِ وَيَوْمًا قَبْلَهُ وَيَوْمًا بَعْدَهُ وَقَدْ جَاءَ ذَلِكَ فِي حَدِيثِ أَحْمَدَ وَثَانِيهَا أَنْ يَصُومَ التَّاسِعَ وَالْعَاشِرَ وَثَالِثُهَا أَنْ يَصُومَ الْعَاشِرَ فَقَطْ

Puasa Muharram ada tiga bentuk. Pertama, yang paling utama ialah puasa di hari kesepuluh beserta satu hari sebelum dan sesudahnya. Kedua, puasa di hari kesembilan dan kesepuluh. Ketiga, puasa di hari kesepuluh saja.

Hal tersebut juga pernah dijelaskan oleh Buya Yahya dalam ceramahnya dilansir dari Channel YouTube Al-Bahjah TV.

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X