Niat Sholat Dhuha dan Tata Caranya, Amalkan Setara Haji

- Senin, 1 Agustus 2022 | 06:50 WIB
Lakukan niat sholat Dhuha dengan tata cara sholat Dhuha yang benar agar mendapat pahala setara ibadah haji. (Ayobandung.com/Herawati Ningsih )
Lakukan niat sholat Dhuha dengan tata cara sholat Dhuha yang benar agar mendapat pahala setara ibadah haji. (Ayobandung.com/Herawati Ningsih )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - Apakah anda ingin menjalankan sunnah Rasulullah SAW yang pahalanya setara dengan menjalankan ibadah haji? Laksanakan niat sholat Dhuha dengan tata cara sholat Dhuha yang benar, seperti yang akan dijelaskan di artikel ini.

Umat muslim dianjurkan menjalankan tata cara sholat Dhuha dengan diawali membaca niat sholat Dhuha sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Pembacaan niat sholat Dhuha dalam tata cara sholat Dhuha harus sesuai dengan waktu Dhuha. Di mana waktu Dhuha, yaitu waktu setelah terbitnya matahari dengan ketinggian satu tumbak.

Baca Juga: Bolehkah Waktu Sholat Dhuha Pukul 6 Pagi? Ini Penjelasan Ulama dan Rumusnya

Adapun waktu sholat Dhuha atau waktu melafalkan niat sholat Dhuha dalam tata cara sholat Dhuha dapat ditentukan mengacu pada jadwal imsakiah yang telah mencantumkan waktu terbitnya matahari ditambah 15 – 20 menit.

Salah satu keutamaan sholat Dhuha adalah setara dengan menjalankan ibadah haji. Seperti pada hadis riwayat Tirmidzi berikut ini.

« مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ ». قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

Baca Juga: Doa Sholat Dhuha Arab, Latin dan Arti, Baca Agar Rezeki Melimpah

“Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa yang melaksanakan sholat Subuh secara berjemaah lalu ia duduk sambil berzikir pada Allah hingga matahari terbit. Kemudian ia melaksanakan sholat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh. Pahala yang sempurna, sempurna, dan sempurna,” (HR. Tirmidzi: 586).

Niat sholat Dhuha

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X