Fakta Tahun Baru Islam dan Peristiwa Besar di Bulan Muharram

- Kamis, 28 Juli 2022 | 16:43 WIB
Simak beberapa fakta Tahun Baru Islam atau tahun Hijriyah dan peristiwa besar di bulan Muharram yang diperkirakan jatuh pada 30 Juli 2022. (Freepik)
Simak beberapa fakta Tahun Baru Islam atau tahun Hijriyah dan peristiwa besar di bulan Muharram yang diperkirakan jatuh pada 30 Juli 2022. (Freepik)

Simak fakta Tahun Baru Islam dan peristiwa besar yang terjadi di bulan Muharram, selengkapnya di bawah ini. 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - - Tahun Baru Islam atau yang disebut tahun Hijriah, diperkirakan akan jatuh pada tanggal 30 Juli 2022. 

Bagi seorang muslim penanggalan tahun Hijriah yang dimulai pada 1 Muharram, sangatlah penting karena akan menentukan kapan awal Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha dan masih banyak lainnya. 

Baca Juga: 13 Amalan Sunnah Tahun Baru Islam 2022 1 Muharram 1444 H, Diundur atau Tidak?

Tahun Hijriah berjumlah 355 atau 354 hari, jika dibandingkan dengan penanggalan Syamsiah atau Masehi memiliki selisih sekitar 11 hari lebih pendek. 

Tahun Hijriah memiliki 12 bulan yaitu Muharram, Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya'ban, Ramadhan, Syawal, Dzulqa'dah dan Dzulhijjah. 

Tanggal dimulainya tahun Hijriah dilakukan dengan beberapa cara, ada yang menggunakan perhitungan ilmiah atau astronomi, atau dilakukan dengan melihat penampakan bulan. 

Baca Juga: 4 Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Muharram

Meskipun tidak ada perayaan khusus dalam tahun baru Islam, namun di berbagai negara dijadikan sebagai libur nasional. 

Berikut beberapa fakta tahun baru Islam dan peristiwa besar yang terjadi di bulan Muharram

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X