Jam Pelajaran Berkurang di Tahun Ajaran Baru Pengaruhi Sertifikasi Guru? Ini 4 Solusi dari Kemdikbud

- Kamis, 7 Juli 2022 | 15:44 WIB
Jam tatap muka dalam Kurikulum Merdeka Belajar pengaruhi tunjangan sertifikasi guru? Apakah tunjangan profesi guru atau tunjangan sertifikasi guru dihapus? (Twitter @Kemdikbud_RI)
Jam tatap muka dalam Kurikulum Merdeka Belajar pengaruhi tunjangan sertifikasi guru? Apakah tunjangan profesi guru atau tunjangan sertifikasi guru dihapus? (Twitter @Kemdikbud_RI)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kekhawatiran soal tunjangan sertifikasi guru dihapus saat tahun ajaran baru atau yang disebut Kurikulum Merdeka kian santer terdengar.

Kenapa? karena seperti diketahui pada tahun ajaran baru atau Kurikulum Merdeka Belajar ada beberapa mata pelajaran yang dikurangi jam pelajaran-nya. 

Contoh pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) pada mata pelajaran Agama, yang sebelumnya pada kurikulum 2013 3 jam pelajaran, namun berubah menjadi 2 jam pelajaran pada tahun ajaran baru.

Berikutnya ada mata pelajaran Bahasa Indonesia, pada kurikulum 2013 memiliki 3 jam pelajaran kemudian di tahun ajaran baru berubah menjadi 2 jam pelajaran

Selanjutnya ada mata pelajaran Matematika pada kurikulum 2013 4 jam pelajaran, namun di tahun ajaran baru berkurang menjadi 3 jam pelajaran.

Baca Juga: Bagaimana Nasib tunjangan Sertifikasi Guru di Kurikulum Merdeka? Simak Penjelasan Kemendikbud di Sini

Seperti diketahui, salah satu syarat menerima tunjangan sertifikasi guru adalah memenuhi 24 jam pelajaran dalam satu pekan.

Dengan berkurangnya jam tatap muka, maka otomatis tidak memenuhi beban kerja 24 jam pelajaran per minggu dan ini yang menjadi kekhawatiran guru didaerah.

Karena apabila kurang dari 24 jam pelajaran akan berpengaruh pada info gtk (tidak valid) yang berdampak tunjangan sertifikasi guru dihapus.

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X