4 Amalan Sunnah yang Sangat Dianjurkan pada Awal Dzulhijjah

- Kamis, 7 Juli 2022 | 12:45 WIB
Berikut empat amalan sunnah yang sangat dianjurkan dilaksanakan pada awal Dzulhijjah beserta dalil-dalil yang menganjurkannya. (Pexels/Monstera)
Berikut empat amalan sunnah yang sangat dianjurkan dilaksanakan pada awal Dzulhijjah beserta dalil-dalil yang menganjurkannya. (Pexels/Monstera)

Berikut empat amalan sunnah yang sangat dianjurkan dilaksanakan pada awal Dzulhijjah beserta dalil-dalil yang menganjurkannya.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Dzulhijah 1443 Hijriyah bertepatan pada Jumat, 1 Juli 2022.

Dengan ditetapkannya awal Dzulhijah ini, maka Hari Raya Idul Adha 1443 H bertepatan pada Ahad, 10 Juli 2022.

Mengapa tidak ikut hasil Makkah? Menurut tulisan dari KH Ma’ruf Khozin, Ketua Komisi Fatwa MUI Jatim, kita berpedoman rukyat di negara masing-masing.

Dipapark olehnya dalam situs resmi Majelis Ulama Indonesia, dalam hadits sahih dijelaskan bahwa Kuraib berpuasa di Syam karena melihat Hilal di negeri Syam. Sementara Ibnu Abbas di Madinah melihat hilal di malam Sabtu. Kuraib bertanya:

“Tidakkah dicukupkan dengan rukyah dan puasa Muawiyah?” Ibnu Abbas menjawab, “Tidak. Seperti inilah kami diperintahkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.” (HR Muslim). Dari hadits ini At Tirmidzi berkata:

“Hadits inilah yang diamalkan oleh para ulama, bahwa masing-masing negara mengikuti rukyat mereka.” (Sunan Tirmidzi).

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah, serta Amalan Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah

Kendati hadits ini berkaitan dengan puasa tetapi para ulama menganalogikan dengan Dzulhijjah.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Sumber: mui digital

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X