Doa saat Menyembelih Hewan Kurban yang Sesuai dengan Sunnah Rasulullah

- Kamis, 7 Juli 2022 | 12:39 WIB
Doa saat menyembelih hewan kurban yang sesuai dengan sunnah Rasulullah (Unplash/Alwi Hafizt)
Doa saat menyembelih hewan kurban yang sesuai dengan sunnah Rasulullah (Unplash/Alwi Hafizt)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM —Ibadah kurban melupakan salah satu ibadah yang paling dianjurkan oleh Rasulullah untuk kita kerja. Maka perlu diketahui juga doa saat menyemberlih hewan kurban yang sesuai dengan sunnah Rasulullah.

Saat menyembelih hewan kurban tentu tidak asal-asalan, terdapat tata cara dan doa yang harus diterapkan agar hewan kurban yang disembelih menjadi berkah dan halal untuk dikonsumsi.

Perintah membaca doa saat menyembelih hewan kurban dicontohkan langsung oleh Rasulullah, sesuai dengan Hadits dari Aisyah RA, yang berbunyi:

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِكَبْشٍ أَقْرَنَ يَطَأُ فِي سَوَادٍ وَيَبْرُكُ فِي سَوَادٍ وَيَنْظُرُ فِي سَوَادٍ فَأُتِيَ بِهِ لِيُضَحِّيَ بِهِ فَقَالَ لَهَا يَا عَائِشَةُ هَلُمِّي الْمُدْيَةَ ثُمَّ قَالَ اشْحَذِيهَا بِحَجَرٍ فَفَعَلَتْ ثُمَّ أَخَذَهَا وَأَخَذَ الْكَبْشَ فَأَضْجَعَهُ ثُمَّ ذَبَحَهُ ثُمَّ قَالَ بِاسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَمِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ ثُمَّ ضَحَّى بِهِ

Baca Juga: Niat Mandi Idul Adha dan Tata Cara untuk Wanita

Artinya: Nabi Muhammad SAW memerintahkan untuk dibawakan dua ekor kambing kibas bertanduk yang kaki, perut, dan sekitar matanya berwarna hitam. Maka dibawakanlah kambing tersebut kepada beliau untuk dijadikan kurban. Beliau lalu berkata kepada Aisyah, "Wahai Aisyah, asahlah pisau," Nabi Muhammad SAW mengambil pisau tersebut dan kambing tersebut, beliau membaringkannya dan menyembelihnya sambil berkata, "Bismillah (dengan nama Allah). Ya Allah, terimalah (kurban ini) dari Muhammad, keluarganya, dan umatnya."

Berdasarkan pada Hadits tersebut, berikut doa saat menyembelih hewan kurban yang sesuai dengan sunnah Rasulullah.

1. Membaca Kalimat Basmallah

Saat melakukan suatu hal yang baik, di dalam Islam memang disunnahkan untuk membaca basmallah. Maka saat hendak menyembelih hewan kurban pun sebaiknya membaca basmallah terlebih dahulu.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X