Orang yang Berkurban Boleh Makan Daging Kurban Maksimal Berapa? Simak Jawabannya di Sini

- Kamis, 7 Juli 2022 | 10:32 WIB
Berikut jumlah maksimal daging kurban yang boleh dikonsumsi orang yang berkurban. (Unsplash/Qamma Farm)
Berikut jumlah maksimal daging kurban yang boleh dikonsumsi orang yang berkurban. (Unsplash/Qamma Farm)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Umat Islam kini bersiap untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah. Lantas orang yang berkurban boleh memakan daging kurban maksimal berapa?

Berkurban memanglah sebuah ibadah yang sangat identik dengan Idul Adha. Beribadah bukan sekedar melaksankannya saja tapi dalam melaksanakan suatu ibadah tentulah harus dibarengi juga dengan ilmu.

Umat muslim perlu memahami dan mengetahui bagaimana kriteria hewan kurban yang dibolehkan menurut syariat islam, memahami prosesi penyembelihan dan pengelolaan daging.

Baca Juga: Simak Kumpulan Dalil Al-Quran dan Hadits Berisi Perintah untuk Berkurban di Sini!

Selain itu juga umat islam perlu memahami bagaimana pendistribusian daging.

Salah satu pertanyaan yang sering timbul bagi mereka yang berkurban adalah apakah boleh bagi yang berkurban untuk mengambil bagian hewan kurbannya untuk dikonsumsi.

Mengenai hal tersebut, ada ayat dalam Al-Quran yang menerangkan perihal hal tersebut.

“Maka makanlah sebagiannya dan berilah makan pada orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (tidak meminta-minta) dan pada orang yang meminta-minta. Demikianlah kami tundukkan (unta-unta itu) untukmu agar kamu bersyukur.” (QS. Al-Hajj : 36).

Melansir dari islam.nu.or.id,, bahwa boleh bagi orang yang berkurban untuk mengambil daging kurban bagiannya untuk dikonsumsi karena pembagian yang wajib hanya sebatas kadar minimal daging yang memenuhi standar kelayakan, seperti satu kantong plastik misalnya.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X