Berapa Banyak Daging Kurban Yang Boleh Dikonsumsi Shahibul Qurban? Simak Penjelasannya di Sini!

- Kamis, 7 Juli 2022 | 09:02 WIB
Berapa Banyak Daging Kurban Yang Boleh Dikonsumsi Shahibul Qurban? (Unplash/Alwi Hafizt)
Berapa Banyak Daging Kurban Yang Boleh Dikonsumsi Shahibul Qurban? (Unplash/Alwi Hafizt)

LENGKONG, AYO BANDUNG — Pada hari raya Idul Adha, umat muslim yang mampu akan melaksanakan ibadah kurban. Orang yang berkurban tersebut disebut dengan shahibul kurban. Lantas sebenarnya berapa maksimal daging kurban yang boleh dikonsumsi shahibul kurban?

Ibadah kurban tinggal menghitung hari, tepatnya akan dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah dan hari tasyrik (11, 12, 13 dzulhijjah) atau Minggu 10 juli 2022 nanti.

Hukum dalam melaksanakan ibadah kurban adalah sunnah muakkad, atau sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah untuk dilaksanakan.

Apabila mampu berkurban maka laksankanlah, Rasulullah bahkan pernah berkata bahwa apabila terdapat umat yang mampu untuk berkurban namun tidak mau melaksanakannya, niscaya mereka tidak diperbolehkan untuk bergaul dengan Rasulullah.

Peringatan tersebut termuat dalam sabda Rasulullah yang berbunyi:

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan [harta], sedangkan ia tak berkurban, janganlah dekat-dekat tempat salat kami,” (H.R. Ahmad, Ibnu Majah, dan Hakim).

Baca Juga: 23 Link Twibbon untuk Meriahkan Hari Raya Idul Adha 1443 H, Tampil Beda dengan Foto Selfie

Lalu apakah Shahibul Qurban boleh memakan daging kurban? Tentu saja boleh.

Berbeda hal nya dengan yang berkurban atas dasar nazar, tidak diperbolehkan sama sekali memakan daging tersebut meski hanya seujung kuku.

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X