Catat! Niat Menyembelih Hewan Kurban, serta Niat Berkurban untuk Orang Lain

- Kamis, 7 Juli 2022 | 08:34 WIB
Ilustrasi. Berikut niat menyembelih hewan kurban dan niat berkurban untuk orang lain, baik itu keluarga maupun bukan keluarga.  (Freepik/wirestock)
Ilustrasi. Berikut niat menyembelih hewan kurban dan niat berkurban untuk orang lain, baik itu keluarga maupun bukan keluarga. (Freepik/wirestock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - Pemerintah telah menetapkan Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. Hari dimana penyembelihan hewan kurban dilaksanakan. Maka dari itu penting untuk mengetahui niat menyembelih hewan kurban.

Berkurban merupakan ibadah yang hukumnya sunnah muakkadah. Dilakukan untuk memenuhi ibadah kepada Allah dan meneladani Nabi Ibrahim As. dengan menyembelih hewan yang terpilih.

Hewan yang dianjurkan dalam berkurban adalah domba. Adapun beberapa hewan lain yang diperbolehkan adalah kambing, unta dan sapi.

Baca Juga: Hukum Qurban Bagi Istri dan Anak, Wajibkah? Ini Kata Ulama

Ibadah ini sangat dianjurkan bahkan wajib dilakukan bagi mereka yang mampu secara materi.

Ketika berkurban, ada niat yang perlu dilafalkan sebelum benar-benar memotong nadi hewan kurban. Membaca niat merupakan salah satu rukun sah berkurban dan menjadi awal dari kebaikan dan penentu amal perbuatan yang dilakukan.

Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Muslim bahwa orang yang memiliki niat baik akan diberikan amal saleh, begini bunyinya:

“Barangsiapa berkeinginan melakukan suatu kebaikan, kemudian tidak melakukannya maka dicatat baginya satu pahala.” (HR Muslim).

Baca Juga: Simak Doa Menyembelih Hewan Kurban, Lengkap dengan Tata Cara Membacanya

Dan dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi “Sesungguhnya amal perbuatan hanyalah dengan niat dan setiap orang hanya memperoleh apa yang diniatkan.” (HR. Bukhari & Muslim).

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X