Jam Kurikulum Merdeka Pengaruhi Tunjangan Sertifikasi Guru? Kemdikbud Jelaskan Ini

- Kamis, 7 Juli 2022 | 07:09 WIB
Jam tatap muka dalam Kurikulum Merdeka Belajar pengaruhi tunjangan sertifikasi guru? Apakah tunjangan profesi guru atau tunjangan sertifikasi guru dihapus? (Twitter @Kemdikbud_RI)
Jam tatap muka dalam Kurikulum Merdeka Belajar pengaruhi tunjangan sertifikasi guru? Apakah tunjangan profesi guru atau tunjangan sertifikasi guru dihapus? (Twitter @Kemdikbud_RI)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Jam tatap muka dalam Kurikulum Merdeka Belajar pengaruhi tunjangan sertifikasi guru? Apakah tunjangan profesi guru atau tunjangan sertifikasi guru dihapus?

Kurikulum Merdeka Belajar diagendakan akan diimplementasikan oleh Kemdikbud di 514 kabupaten/kota dalam 34 provinsi dengan total satuan pendidikan sebanyak 143.265.

Kurikulum Merdeka Belajar menjadi opsi tambahan bagi satuan pendidikan dalam rangka memulihkan pembelajaran selama tahun 2022 – 2024 selain Kurikulum 2013 dan Kurikulum Darurat (Kurikulum 2013 yang disederhanakan) yang selama ini telah digunakan.

Baca Juga: Mohon Maaf Tunjangan Sertifikasi Guru Tidak Cair ke 6 Kategori Ini, Siapa Saja? Cek di Sini

Jam tatap muka dalam Kurikulum Merdeka Belajar menjadi lebih sedikit daripada Kurikulum 2013, sehingga beban kerja guru pun menjadi berkurang.

Jika beban kerja berkurang, apakah tunjangan profesi guru atau tunjangan sertifikasi guru dihapus karena terpengaruh oleh jam tatap muka dalam Kurikulum Merdeka Belajar?

Salah satu syarat atau kriteria guru PNS menjadi penerima tunjangan sertifikasi guru atau tunjangan profesi guru menurut Permendikbud Nomor 4 Tahun 2022 Pasal 4 adalah memenuhi beban kerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Nasib Guru di Kurikulum Merdeka 2022, Tunjangan Sertifikasi Guru Bakal Dikurangi?

Mengacu PP Nomor 19 Tahun 2017 Pasal 52, beban kerja guru mencakup kegiatan pokok 5M berikut ini.

1. Merencanakan pembelajaran atau pembimbingan

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X