Simak Doa Menyembelih Hewan Kurban, Lengkap dengan Tata Cara Membacanya

- Kamis, 7 Juli 2022 | 02:00 WIB
Simak doa menyembelih hewan kurban, lengkap dengan tata cara dan artinya. Berikut ketentuan yang perlu diperhatikan. Ilustrasi hewan kurban (Ayobandung.com/Algifari Tohaga Abdillah)
Simak doa menyembelih hewan kurban, lengkap dengan tata cara dan artinya. Berikut ketentuan yang perlu diperhatikan. Ilustrasi hewan kurban (Ayobandung.com/Algifari Tohaga Abdillah)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hari Raya Idul Adha merupakan hari di mana penyembelihan hewan kurban dilakukan. Menyembelih hewan kurban tentu tidak boleh asal potong, harus ada doa yang menyertai. Maka dari itu penting untuk mengetahui doa yang dibaca ketika menyembelih hewan kurban.

Berkurban adalah ibadah yang bersifat sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan untuk dikerjakan bagi yang mampu. Berkurban dapat dilaksanakan setiap tanggal 10 hingga 13 Dzulhijjah.

Menurut syariat, hewan yang diutamakan untuk disembelih adalah domba. Namun selain itu, ada pula beberapa hewan lain yang dapat digunakan untuk kurban, seperti kambing, sapi, dan unta.

Baca Juga: Tunjangan Sertifikasi Guru Dihapus saat Dimulainya Tahun Ajaran Baru? CATAT! Ini Kata Permendikbud

Selain dilakukan untuk memenuhi ibadah kepada Allah SWT. Daging yang didapat dari penyembelihan hewan kurban dapat dibagikan kepada orang khususnya fakir miskin.

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan setelah sholat ied dan harus disertakan dengan doa. Jika tidak, berkurban menjadi tidak sah dan tidak akan diterima sebagai amal ibadah.

Adapun ketentuan yang perlu diperhatikan, yakni membaca doa. Untuk itu, berikut dua doa yang dibaca ketika menyembelih hewan kurban, lengkap dengan tata cara dan artinya:

Doa Menyembelih Hewan Kurban

Dalam berkurban, tidak hanya dapat dilakukan untuk diri sendiri, melainkan juga dapat dilakukan secara bersamaan atau kolektif. Maka dari itu, terdapat dua jenis bacaan doa menyembelih hewan kurban.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Amalan Ibadah Terbaik di Bulan Muharram

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:24 WIB
X