Niat Puasa Dzulhijjah 10 Hari Pertama: Pahala Sehari Setara Setahun, Bolehkah Sekaligus Qadha Ramadhan?

- Selasa, 5 Juli 2022 | 16:43 WIB
Simak niat Puasa Dzulhijjah 10 hari pertama. Pahala puasa sehari setara setahun. Tapi bolehkah Puasa Dzulhijjah sekaligus Qadha Ramadhan? (Pexels/Thirdman)
Simak niat Puasa Dzulhijjah 10 hari pertama. Pahala puasa sehari setara setahun. Tapi bolehkah Puasa Dzulhijjah sekaligus Qadha Ramadhan? (Pexels/Thirdman)


Simak niat Puasa Dzulhijjah 10 hari pertama. Pahala puasa sehari setara setahun. Tapi bolehkah Puasa Dzulhijjah sekaligus Qadha Ramadhan?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang dimuliakan Allah swt. Sebab, bulan kedua belas dari tahun Hijriah ini termasuk di antara empat bulan asyhurul hurum, selain Dzulqa’dah, Muharram, dan Rajab.

Kemuliaan ini juga ditandai dengan pahala bagi orang yang berpuasa di sembilan hari pertamanya. Berbeda dengan puasa-puasa sunnah lainnya, puasa di awal bulan ini memberikan pahala yang berlipat bagi umat Islam yang menjalankannya.

Bahkan, sehari puasa di antara tanggal 1 hingga tanggal 9 Dzulhijjah itu setara dengan puasa selama setahun penuh. Hal ini didasarkan pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi.

Baca Juga: Selamat! BSU 2022 Akan Cair, Ini Kata Kemnaker Soal BSU BPJS Ketenagakerjaan

"Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar." (HR At-Trmidzi).

Satu tahun puasa pada hadits di atas, dijelaskan oleh Mula al-Qari’ dalam Mirqâh al-Mafâtîh, juz 3, satu tahun puasa sunnah, bukan puasa Ramadhan. Berikut niat Puasa Dzulhijjah 10 hari pertama:

Adapun niat puasa Dzulhijjah dari tanggal 1 sampai 7 adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta’âlâ.”

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Agar Suami Tidak Selingkuh dan Tetap Setia

Selasa, 26 Juli 2022 | 16:50 WIB
X