Mengintip Kehidupan Manusia di Alam Barzah, Begini Penjelasan MUI

- Selasa, 5 Juli 2022 | 15:59 WIB
Ilustrasi | Bagaimana kehidupan manusia di alam Barzah nanti Terkait hal ini, Majelis Ulama Indonesia mendeskripsikan jawabannya. (Pixabay/Neverlan)
Ilustrasi | Bagaimana kehidupan manusia di alam Barzah nanti Terkait hal ini, Majelis Ulama Indonesia mendeskripsikan jawabannya. (Pixabay/Neverlan)

Bagaimana kehidupan manusia di alam barzah nanti? Terkait hal ini, Majelis Ulama Indonesia mendeskripsikan jawabannya.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Pernahkah kita berpikir, kemanakah kita setelah meninggal dari alam dunia?

Ternyata, Setelah manusia meninggal dari alam dunia, manusia akan berada di alam barzah atau yang biasa dikenal dengan alam kubur, sebelum nantinya ke alam Akhirat.

Barzah sendiri artinya sekat, antara alam dunia dan alam akhirat. manusia yang singgah disana sudah ada sejak Nabi Adam hingga detik ini. Meski hanya menjadi tempat persinggahan, tetapi waktunya cukup Panjang bahkan kabarnya, lebih lama dibandingkan di alam dunia.

Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia, KH Nurul Irfan, menjelaskan bagaimana kondisi manusia di alam barzah.

Menurutnya, sebagai sekat antara dunia dan akhirat, manusia yang sudah berada di alam Barzah, mereka dapat melihat alam dunia dan akhirat.

’Dia (alam barzah) sebagai sekat, mereka ahli kubur atau ahli barzah bisa melihat dunia dan bisa melihat akhirat. Mereka berada di satu tempat yang namanya barzah bisa melihat dunia dan akhirat,’’ ujarnya dilansir situs resmi Majelis Ulama Indonesia.

Baca Juga: Gaji Petinggi ACT jadi Sorotan, Kemenag Imbau Pengurus BAZNAZ dan LAZ Tak Sakiti Hati umat Islam

Selama di dunia, kata dia, manusia yang telah meninggal tidak dapat membawa gelar, jabatan, bahkan harta yang selama hidupnya dikejar. Tetapi yang dapat dibawa sebagai bekal yang dapat menyelamatkan kita hanyalah amalan ibadah dan perbuatan baik selama hidup di dunia.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Sumber: mui digital

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Niat Puasa Asyura untuk Besok 8 Agustus 2022

Minggu, 7 Agustus 2022 | 19:53 WIB
X