ACT Diduga Menyelewengkan Dana Umat, Forum Zakat: Bukan Bagian Organisasi Pengelola Zakat

- Selasa, 5 Juli 2022 | 15:58 WIB
[Ilustrasi beras zakat] Hukum Lupa Bayar Zakat Fitrah saat Ramadhan, Dapat Dosa? (Pixabay/ulleo)
[Ilustrasi beras zakat] Hukum Lupa Bayar Zakat Fitrah saat Ramadhan, Dapat Dosa? (Pixabay/ulleo)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Dugaan penyelewengan dana oleh ACT menjadi perbincangan publik. Banyak warganet yang mengaku terkejut sekaligus khawatir atas kasus dugaan penggunaan dana umat untuk hidup hedon petinggi lembaga. 

Pasca laporan mengenai besaran gaji, tunjangan dan fasilitas para petinggi ACT terungkap, pihak lembaga telah melakukan klarifikasi sekaligus permohonan maaf kepada kepada masyarakat Senin 4 Juli 2022. 

Beberapa pihak seperti Kemenag juga angkat suara mengenai kasus dugaan penyelewengan dana umat tersebut. Kemenag mengimbau kepada pengurus organisasi BAZNAS dan LAZ untuk tidak hidup secara hedon. 

Selanjutnya, Ketua Forum Zakat (Foz), Bambang Suherman dalam pernyataan resminya menegaskan bahwa ACT bukan bagian dari organisasi pengelola zakat

Baca Juga: Hukum Lupa Bayar Zakat Fitrah saat Ramadhan, Dapat Dosa?

Dikutip dari Republika.co.id Selasa 5 Juli 2022, ambang menjelaskan konstruksi regulasi dan mekanisme pengawasan bagi organisasi pengelola zakat (OPZ) di Indonesia sangat ketat dan rigid.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 23 tahun 2011, terdapat mekanisme pengawasan yang berlapis dan melibatkan pemangku kepentingan yang beragam dalam pengelolaan zakat

"Seperti Kementerian Agama, Baznas, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan lain sebagainya yang turut meminimalkan potensi penyelewengan dana publik serta peluang conflict of interest di dalam tubuh organisasi pengelola zakat," ujar Bambang. 

Bambang menjelaskan, mekanisme pengawasan OPZ menggunakan mekanisme pengawasan internal. Mencakup audit internal serta pengawas syariah yang terakreditasi oleh MUI.

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X