Kemenag Jabar Pastikan PT Travel Alfatih Indonesia Tidak Terdaftar Sebagai PIHK dan PPIU

- Senin, 4 Juli 2022 | 15:34 WIB
Ibadah haji Indonesia tahun 1443 H saat ini tengah berjalan, hal menarik yang terjadi adalah Menag meminta petugas haji dari jurnalis. (Kemenag.co.id)
Ibadah haji Indonesia tahun 1443 H saat ini tengah berjalan, hal menarik yang terjadi adalah Menag meminta petugas haji dari jurnalis. (Kemenag.co.id)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat (Jabar) memastikan, bahwa PT Travel Alfatih Indonesia tidak terdaftar sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIH).

Hal tersebut seiring dengan 46 calon jemaah haji furoda Indonesia yang berangkat menggunakan PT Alfatih Indonesia dideportasi karena masalah visa.

"PT Alfatih Indonesia tidak terdaftar sebagai PIHK maupun PPIU. Artinya untuk urusan haji itu belum terdaftar," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jabar, Ahmad Handiman Romdony, Senin, 4 Juli 2022.

Baca Juga: 46 Jemaah Haji Furoda Asal Indonesia Dipaksa Pulang dari Arab Saudi, Data Imigrasi Bermasalah

Karena PT Alfatih Indonesia ini tidak resmi terdaftar, maka pihaknya mengimbau kepada korban untuk melapor kepada pihak yang berwajib.

"Kalau memang ini ada tindak pidana, paling aparat penegak hukum yang turun," ujarnya.

Dia berharap kejadian ini tidak terulang kembali pada tahun haji berikutnya. Untuk itu pihaknya merekomendasikan, supaya masyarakat tetap berangkat haji melalui jalur reguler atau normal.

"Meskipun memang jangka waktunya lama, haji reguler di Jabar itu waiting list rata-rata 22 tahun. Kalau haji khusus waiting list delapan sampai 10 tahun," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Fase Puncak Wukuf di Arafah, Menteri Agama Berikan Pesan Ini ke Jamaah Haji

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Amalan Khusus supaya Rezeki Bertambah

Jumat, 23 September 2022 | 21:41 WIB

Manfaat Salat Subuh untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 11 September 2022 | 05:00 WIB
X