Kurikulum Merdeka Kurangi JP, Tunjangan Sertifikasi Guru Menjadi Soal dan Solusi Kemdikbud

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 09:00 WIB
Kurikulum Merdeka kurangi jam pelajaran (JP), tunjangan sertifikasi guru menjadi soal dan solusi Kemdikbud. (Twitter @kemendikbudri)
Kurikulum Merdeka kurangi jam pelajaran (JP), tunjangan sertifikasi guru menjadi soal dan solusi Kemdikbud. (Twitter @kemendikbudri)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kurikulum Merdeka kurangi jam pelajaran (JP), tunjangan sertifikasi guru menjadi soal dan solusi Kemdikbud.

Belakangan ini Kurikulum Merdeka menjadi bahan perbincangan di tengah merebaknya informasi penghapusan tunjangan sertifikasi guru dalam sebulan yang berlalu.

Pasalnya Kurikulum Merdeka berbeda jauh dengan kurikulum 13 yang dilihat dari sisi jumlah jam pelajaran, yang mana JP tersebut menjadi salah satu perihal penting bagi penerimaan tunjangan sertifikasi guru.

Baca Juga: Hore! Kurikulum Merdeka Tidak Membuat Tunjangan Sertifikasi Guru Dihapus? Ini 2 Alasannya

Diketahui, Kurikulum Merdeka merupakan salah satu bagian dari upaya pemulihan pembelajaran.

Sebelumnya kurikulum ini sering disebut sebagai kurikulum prototipe, yang mana dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

Ada tiga karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah:

Pertama, sistem pembelajaran berbasis proyek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. 

Baca Juga: Tunjangan Sertifikasi Guru Cair 1 Juli? Ini Daerah yang Terima TPG Triwulan 2

Kedua, lebih fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Amalan Ibadah Terbaik di Bulan Muharram

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:24 WIB
X