Kapan Puasa Arafah? Simak Tata Cara dan Keutamaannya

- Jumat, 1 Juli 2022 | 13:15 WIB
Tata cara dan Keutamaan Puasa Arafah (Thirdman/Pexels)
Tata cara dan Keutamaan Puasa Arafah (Thirdman/Pexels)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Simak tata cara dan keutamaan puasa Arafah di dalam artikel berikut ini. Pemerintah telah menetapkan bahwa 1 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada Jumat tanggal 1 Juli 2022. Dengan demikian maka Hari Raya Idul Adha 1443 H akan jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

Pada bulan Zulhijah ada yang dinamakan dengan puasa Arafah. Puasa sunnah arafah sendiri merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Arafah atau tepatnya tanggal 9 bulan Zulhijah pada kalender Islam Qamariyah/Hijriyah.

Bagi umat muslim yang tidak menjalankan ibadah haji dianjurkan untuk menunaikan puasa Arafah.

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru Tunjangan Sertifikasi Guru Dihapus? Ini Penjelasan Kemdikbud

Dikarenakan pemerintah telah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022, maka umat islam yang tidak melaksanakan ibadah haji dianjurkan untuk menunaikan puasa sunnah arafah pada hari Sabtu, 9 Juli 2022.

Lantas, bagaimana tata cara puasa Arafah?

Untuk cara pelaksanaan puasa ini sama dengan ibadah puasa pada umumnnya yakni mulai berpuasa sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari (magrib).

Sebagaimana dilansir ayobandung.com dari laman website jatim.nu.or.id bagi umat muslim yang ingin melaksanakan puasa sunnah arafah dianjurkan untuk melafalkan niat puasa sunnah arafah di malam harinya.

Berikut adalah lafal bacaanya:

Baca Juga: Bocoran Fitur Oppo Reno 8Z 5G, Berapa Harga untuk HP Oppo Terbaru Ini?

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Amalan Ibadah Terbaik di Bulan Muharram

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:24 WIB
X