TV Digital Bisa Nonton YouTube dan Netflik? Cek Faktanya Di Sini

- Jumat, 1 Juli 2022 | 10:10 WIB
Ilustrasi. Berikut cara menonton siaran TV Digital.  (Pixabay )
Ilustrasi. Berikut cara menonton siaran TV Digital. (Pixabay )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Guna meningkatkan kualitas siaran televisi masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melakukan Analog Switch Off (ASO) secara bertahap. 

Tahap pertama telah dilakukan 20 April 2022, menyusul tahap kedua pada 25 Agustus 2022 dan tahap terakhir akan dilakukan menjelang akhir tahun, pada 2 November 2022. 

Jadwal peralihan TV Analog menuju TV Digital bisa dilihat secara resmi melalui lama siarandigital.kominfo.go.id. Setidaknya, ada 31 wilayah yang akan mengikuti tahap kedua dan 25 lainnya di tahap ketiga. 

Seiring peralihan siaran dari TV Analog menuju ke TV Digital, muncul berbagai pertanyaan di kalangan masyarakat. Bahkan, masih ada warga yang belum mengetahui tentang adanya peralihan ini. 

Baca Juga: Cara Pasang STB untuk Siaran TV Digital, Tutorial Resmi dari Kominfo

Hal tersebut menjadi PR bagi Kominfo untuk menggencarkan sosialisasi terhadap warga. Sehingga dalam pelaksanaan tahap kedua dan ketiga nanti bisa berjalan dengan lancar. 

Peralihan TV Digital sendiri, dinilai memiliki banyak manfaat dan keunggulan dibanding TV Analog. Salah satunya adalah kualitas gambar yang lebih baik, serta disebut minim gangguan. 

Salah satu pertanyaan yang beredar di masyarakat juga membahas apakah perubahan TV Digital bisa digunakan masyarakat untuk menyaksikan YouTube atau situs Netflix melalui layar kaca di rumah. 

Sayangnya, hal tersebut belum bisa terjadi di Analog Switch Off (ASO) yang tengah dilakukan pemerintah melalui Kominfo sejak akhir bulan April 2022 lalu. 

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Sumber: Kominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resmi! Jokowi Naikkan 42 Tunjangan PNS di Tahun 2022

Minggu, 7 Agustus 2022 | 21:00 WIB
X