Ini Batas Waktu Terakhir Potong Kuku dan Rambut bagi yang Melaksanakan Qurban

- Kamis, 30 Juni 2022 | 19:30 WIB
Kapan batas waktu terakhir potong kuku dan rambut bagi orang yang qurban? Simak informasinya di sini hingga selesai. (pexels/joao)
Kapan batas waktu terakhir potong kuku dan rambut bagi orang yang qurban? Simak informasinya di sini hingga selesai. (pexels/joao)

Kapan batas waktu terakhir potong kuku dan rambut bagi orang yang melakukan qurban? Simak informasinya di sini hingga selesai.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah melalui sidang Isbat yang diselenggarakan Rabu, 29 Juni 2022 menetapkan perayaan Idul Adha 2022/1443 H jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022.

"Sidang isbat telah mengambil kesepakatan bahwa tanggal 1 Zulhijah tahun 1443 Hijriah ditetapkan jatuh pada Jumat tanggal 1 Juli 2022," tutur Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi usai memimpin Sidang Isbat (Penetapan) Awal Zulhijah, di Jakarta, Rabu, 29 Juni 2022.

"Dengan demikian Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada 10 Juli 2022," sambungnya.

Sedangkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP) Muhammadiyah menetapkan bahwa Idul Adha 2022 jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Keputusan tersebut berdasarkan Maklumat Nomor 01/MLM/I.O/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1443 H.

Perayaan Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan qurban. Bagi anda yang menunaikan qurban ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Bulan Juli Singkat dan Penuh Makna: Semangat Berkurban di Masa Pandemi

Apa saja? Salah satunya adanya larangan memotong kuku dan rambut hingga selesai qurban.

Nabi sallahu alaihi wasallam bersabda:

"Siapa saja yang ingin berqurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijah (1 Dzulhijah), maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berqurban." (HR.Muslim No. 1977)

Dalam hadist tersebut disebutkan bahwa larangan memotong kuku dan rambut dilakukan saat memasuki awal Dzulhijah.

Kapan awal Dzulhijah itu? Berdasarkan hasil sidang isbat Kemenag menetapkan bahwa 1 Dzulhijah jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022.

Baca Juga: Kurban Kambing atau Patungan Sapi Lebih Penting Mana? Begini Kata Buya Yahya

Itu berarti mulai besok orang yang menunaikan qurban tidak diperkenankan memotong kuku dan rambut hingga pelaksanaan qurban selesai.

Demikian informasi batas waktu terakhir memotong kuku dan rambut bagi orang yang melaksanakan qurban di Idul Adha 2022. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X