Renungan Harian Katolik Jumat 1 Juli 2022 Injil Matius 9:9-13

- Kamis, 30 Juni 2022 | 08:29 WIB
Renungan Harian Katolik Jumat 1 Juli 2022 Injil Matius 9:9-13 (Unsplash)
Renungan Harian Katolik Jumat 1 Juli 2022 Injil Matius 9:9-13 (Unsplash)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Berikut renungan harian katolik hari ini Jumat 1 Juli 2022 dari bacaan Injil Matius 9:9-13.

Bacaan injil untuk renungan harian katolik hari ini mengisahkan tentang Matius pemungut cukai mengikuti Yesus.

Berikut perikop injil Matius 9:9-13 untuk renungan harian ini:

Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya "Ikutlah Aku."

Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia.

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru Tunjangan Sertifikasi Guru Dihapus? Ini Penjelasan Kemdikbud

Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya.

Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus "Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?"

Yesus mendengarnya dan berkata "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.

Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

Siapa yang tidak pernah mengalami sakit?

Sakit membuat orang berusaha untuk sembuh dan mencari pertolongan.

Baca Juga: Tingkatan Kelas BPJS Dihapus, Iuran Baru Berubah Jadi Segini?

Ketika sakit itulah kita membutuhkan orang lain untuk merawat kita, mendoakan kita, dan lebih dari itu, kita butuh dokter.


Namun, karena biaya tidak sedikit juga orang yang tidak ingin membawa dirinya yang sedang sakit itu ke dokter.

Bacaan Injil hari ini secara tegas Yesus sampaikan kepada kita bahwa, "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit." Matius 9:12

Keselamatan merupakan milik semua orang. Tidak ada yang bisa kompromi bahwa keselamatan hanya milik pribadi, milik kita orang kristen, dan lain sebagainya.

Dalam injil Tuhan mengisahkan bahwa golongan yang menganggap dirinya lebih baik dari pada orang lain adalah orang-orang Farisi.

Mereka  beranggapan bahwa orang berdosa itu tak mungkin akan menjadi baik dan bertobat.

Ketika melihat Yesus makan bersama-sama dengan para pemungut cukai dan orang berdosa, orang Farisi menunjukkan ketidaksenangannya dengan berkata,  "Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdoa?"  (Matius 9:11).
 
Baca Juga: Selamat! BSU 2022 Cair Hanya ke Rekening Bank Ini, Cek Nama Penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan Segera

Sebagai manusia yang tamak, dengan mudahnya kita melihat kelemahan, kekurangan dan juga dosa yang diperbuat oleh orang lain.

Kita dengan gampangnya melontarkan kritikan atau menghakimi mereka dan menganggap diri kita ini lebih benar dari mereka.

Namun dengan tegas Tuhan Yesus berkata,  "Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi.  Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum.

Mengapakah engkau melihat selumbar di dalam mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu sendiri tidak engkau ketahui?"  (Lukas 6:37, 41).

Tuhan Yesus juga menegaskan bahwa Ia datang  "...bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."  (Matius 9:13).

Jadi, Tuhan Yesus datang ke dunia untuk mencari orang-orang berdosa dan bukan mencari orang-orang yang mengaku dirinya sudah benar.

Orang-orang yang merasa dirinya benar sangatlah sulit untuk bertobat.
 
Baca Juga: Oppo Reno 7 dan Harga HP Oppo Reno 7 Update! Cek 27 HP Oppo Terbaru khusus Juni 2022

Bukankah masih ada anak-anak Tuhan dan bahkan para pelayan Tuhan yang merasa dirinya lebih baik dan lebih benar dari orang lain, sehingga dalam hidupnya selalu mencela dan menghakimi orang lain?

Demikian renungan harian katolik hari ini Jumat 1 Juli 2022 dari bacaan Injil Matius 9:9-13 mengisahkan tentang Matius pemungut cukai mengikuti Yesus.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X