Siaran TV Digital Sudah Dilakukan Bertahap, Begini Cara Memilih STB Rekomendasi Kominfo

- Rabu, 29 Juni 2022 | 16:35 WIB
Warga memasang set top box (STB)  TV digital di Padalarang, KBB, Jumat 17 Juni 2022.  (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Warga memasang set top box (STB) TV digital di Padalarang, KBB, Jumat 17 Juni 2022. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memulai tahapan perubahan siaran TV Analog menuju ke TV Digital secara bertahap. 

Tahap pertama telah dilakukan pada 17 Agustus 2021 lalu di beberapa daerah. Di antaranya, Aceh-1 (Kab. Aceh Besar, Kota Banda Aceh), Kepulauan Riau-1 (Kab. Bintan, Kab. Karimun, Kota Batam, Kota Tanjung Pinang), Banten-1 (Kab.Serang, Kota Cilegon, Kota Serang), Kalimantan Timur-1 (Kab. Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, Kota Bontang), Kalimantan Utara-1 (Kab. Bulungan, Kota Tarakan), dan Kalimantan Utara-3 (Kab. Nunukan). 

Direktur Jenderal PPI Kementerian Kominfo, Prof. Ahmad M. Ramli menyampaikan jika masyarakat harus mulai melakukan pengecekan televisi. Apakah perangkat yang dimiliki sudah siap menerima siaran TV Digital atau belum. 

“Masyarakat harus mulai melakukan pengecekan televisi masing-masing saat ini, apakah TV mereka sudah siap menerima siaran digital atau tidak. Kalau sudah siap otomatis siaran langsung diterima," ujar Ramli dalam sebuah dialog interaktif di salah satu stasiun TV.

Baca Juga: Warga Bandung Barat Harap Bantuan STB Diperluas untuk Dukung Migrasi Siaran TV Digital

Sementara, bagi masyarakat yang perangkat televisinya belum mampu menerima siaran TV Digital secara langsung, bisa membeli perangkat tambahan berupa Set Top Box (STB). 

"Kalau tidak siap digital tinggal membeli Set Top Box (STB). STB itu semacam alat converter. Setelah STB dipasang di TV kita, langsung terima siaran digital,” imbuhnya. 

Alat converter atau STB sudah tersedia di pasaran, baik toko luring maupun daring. General Manager Business Development Polytron, Joegianto memberikan tips untuk membeli STB yang tepat. 

“Bila belanja di pasar online, saat masuk, seleksi saja di situ, lihat ada sertifikasi dari Kominfo atau tidak,” ujarnya. 

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Sumber: Kominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resmi! Jokowi Naikkan 42 Tunjangan PNS di Tahun 2022

Minggu, 7 Agustus 2022 | 21:00 WIB
X