Pasar Global Bahan Polyester Melejit, Indonesia Raih Peluang

- Rabu, 29 Juni 2022 | 15:21 WIB
Bahan Polyester akan mengalami CAGR atau tingkat pertumbuhan per tahun hingga 8,7 persen pada periode 2022-2029. (Pexels/KarolinaGrabowska)
Bahan Polyester akan mengalami CAGR atau tingkat pertumbuhan per tahun hingga 8,7 persen pada periode 2022-2029. (Pexels/KarolinaGrabowska)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM —Menurut analisis dan wawasan pasar mengenai bahan Polyester secara global, data dari Bridge Market Research menyatakan bahwa bahan Polyester akan mengalami CAGR atau tingkat pertumbuhan per tahun hingga 8,7 persen pada periode 2022-2029.

Hal ini tentu juga membuka peluang besar bagi pasar lokal Indonesia untuk ikut andil dalam perkembangan dan penggunaan bahan polyester ini.

Serat Polyester yang terbuat dari Polietilen Tereftalat (PET) mampu untuk di daur ulang dan memiliki biaya produksi yang rendah sehingga memiliki peluang keuntungan cukup menjanjikan.
Tak hanya itu saja, kemampuan bahan Polyester untuk beradaptasi, elastisitas yang baik, serta ketahanan terhadap kerutan atau jamur menjadi kelebihan tersendiri bagi bahan ini.

Tak heran apabila bahan Polyester menjadi salah satu bahan dasar yang banyak digunakan di industri tekstil dunia termasuk Indonesia.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Di industri tekstil Indonesia sendiri saat ini juga telah memanfaatkan bahan Polyester untuk berbagai produk jadi seperti jersey futsal printing yang terbuat dari bahan campuran Polyester, Nilon, dan Spandek.

Karakteristik dan Kelebihan Polyester

Ketahanan bahan Polyester yang tinggi terhadap jamur dan kerutan didukung karena serat ini bersifat hidrofobik dan cepat kering. Polyester lebih tahan terhadap AUS (Abrasion Resistant Steel) apabila dibandingkan dengan kapas atau bahan tekstil lainnya.

Bahan ini dapat digunakan sebagai insulasi dalam bentuk serat berongga dan tetap dapat mempertahankan bentuknya bahkan dalam cuaca buruk sekalipun. Oleh karena itu, bahan Polyester ini juga sering digunakan oleh konveksi baju seragam untuk pembuatan seragam.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resmi! Jokowi Naikkan 42 Tunjangan PNS di Tahun 2022

Minggu, 7 Agustus 2022 | 21:00 WIB
X