Siaran TV Digital Akan Segera Gantikan TV Analog, Simak Keunggulannya Di Sini

- Rabu, 29 Juni 2022 | 10:36 WIB
Siaran TV Digital Akan Segera Gantikan TV Aanalog, Simak Keunggulannya Di Sini (Magang Ayo Bandung/Nelova Nidaunnisa)
Siaran TV Digital Akan Segera Gantikan TV Aanalog, Simak Keunggulannya Di Sini (Magang Ayo Bandung/Nelova Nidaunnisa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COMKementrian komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melakukan mengganti siaran TV Analog ke TV Digital. Penggantian ini dilakukan paling lambat  2 November 2022 mendatang. Hal ini  merupakan agenda dari pemerintah yang disebut dengan digitalisasi penyiaran.

Pemindahan siaran TV analog menjadi TV digital ini tentu saja memiliki kelebihan dan keunggulan yang dijadikan alasan. Lalu apa sebenarnya kelebihan tv digital, pengganti Tv analog?


Sebelumnya Kominfo sudah mengimplementasikan pemberhentian siaran TV Analog dan diubah menjadi siaran TV Digital  pada 30 April lalu, atau yang dikenal  dengan istilah Analog Switch Off (ASO).

Pemberhentian siaran TV Analog baru dilakukan pada delapan kota atau kabupaten dari 166 wilayah. Di antaranya Nusa Tenggara Timur yang terdari dari (Kabupaten Timur Tengah Utara, Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka), Riau terdiri dari (Kota Dumai, Kabupaten bengkalis, Kabupaten Kepulauan Merantidan) dan Papua Barat (Kota Sorong, Kabupaten Sorong).

Baca Juga: Masyarakat Banyak yang Belum Tahu Peralihan TV Analog ke TV Digital, Ini Kata Diskominfo Kabupaten Bandung

Pemberlakuan Analog Switch Off (ASO) tahap 2 akan dilakukan pada tanggal 25 Agustus 2022. Terdiri dari 31 wilayah siaran, di 110 kabupaten atau kota. Setelahnya akan dilakukan penggantian siaran TV Analog ke TV Digital atau  ASO Tahap 3 pada 2 November 2022 di 25 wilayah siaran dari 63 kabupaten atau kota.

Setelah sekitar 60 tahun TV Analog menemani masyarakat Indonesia, perubahan menuju TV Digital bukan tanpa alasan. Berikut kelebihan TV Digital, pengganti TV Analog yang perlu diketahui.

1. Tranmisi Sinyal

Kelebihan pertama dari siaran TV Digital ada pada tranmisi sinyal yang digunakan. TV Digital menggunakan tranmisi data melalui “bit” atau data informasi. Dimana pada tranmisi sinyal ini semua data baik gambar, suara, dan warna dikirimkan secara sekaligus, sehingga dapat menghasilkan kualitas yang lebih baik.

Seperti gambar yang lebih jernih, suara yang lebih jelas dan warna yang lebih cerah. Sedangkan pada TV Analog proses tranmisi data menggunakan sinyal radio, yang membuat data terbagi ke dalam format video dan audio. Video ditranmisikan melalui gelombang AM dan audio melalui gelombang FM.

Baca Juga: Sinyal Siaran TV Digital Belum Stabil, Warga: Terpaksa Sering Nonton Streaming

2. Sinyal Lebih Stabil

Kelebihan lainnya dari siaran TV Digital adalah sinyal yang ada akan lebih stabil, hal ini disebabkan penggunaan teknologi DVB-T2, yang memilki kapasitas tranmisi data sebanyak 30% - 50 % dan dapat membuat sinyal lebih stabil karena tidak akan terpengaruh oleh cuaca yang sedang buruk.

3. Minim Gangguan

Selain itu siaran TV Digital disebut minim gangguan. Sebelumnya saat kita menggunakan TV Analog ada gangguan seperti tidak munculnya gambar pada layar TV. Pada TV digital gangguan-gangguan seperti itu akan diminimalisir, jika terjadi pun akan cepat teratasi.

4. Hemat

Siaran tv digital dinilai lebih hemat, sebab tidak perlu menyiapkan pulsa atau kuota internet. Masyarakat dapat menimati fitur-fitur TV Digital secara gratis tanpa perlu mengeluarkan uang perbulan untuk iuran. Yang diperlukan hanya pemasangan alat Set Top Box (STB) dengan kisaran harga Rp200-300 ribu.

Baca Juga: Tidak Semua STB Mendukung Siaran TV Digital, Ini Rekomendasi dari Kominfo

Itu lah beberapa kelebihan TV Digital, pengganti TV Analog. Dengan ini kita tidak perlu ragu lagi untuk mencoba migrasi dari siaran TV Analog ke TV Digital untuk mendapatkan pengalaman, fitur dan kenyamanan yang disediakan. (Nelova Nidaunnisa)

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X