Tingkatkan Ketahanan Ekonomi Warga, PLN Peduli Salurkan Bantuan Pertanian Modern Hidroponik

- Selasa, 28 Juni 2022 | 09:31 WIB
[ilustrasi] Tingkatkan Ketahanan Ekonomi Warga, PLN Peduli Salurkan Bantuan Pertanian Modern Hidroponik (Ayobandung.com/Kavin Faza)
[ilustrasi] Tingkatkan Ketahanan Ekonomi Warga, PLN Peduli Salurkan Bantuan Pertanian Modern Hidroponik (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia memberikan dampak buruk di berbagai sektor. Bisa disebut sektor ekonomi adalah salah satu sektor yang paling merasakan dampak buruknya.

Masyarakat pun dipaksa untuk terus berjuang melawan kondisi yang melemahkan perekonomian global ini. Ide serta inovasi harus terus diupayakan masyarakat agar mampu menyesuaikan dengan kondisi teraktual.

Adalah Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung yang berada di wilayah pembangunan SUTT 150 kV Tegal Luar Incomer memiliki ide kebun hidroponik untuk meningkatkan kesejahteraan warganya.

Baca Juga: Tingkatan Kelas BPJS Dihapus, Iuran Baru Berubah Jadi Segini?

Penghasilan sebagian besar warga yang masih bergantung pada hasil alam sebagai mata pencaharian, menjadikan ide tersebut cocok untuk diadaptasi masyarakatnya.

Tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) melihat potensi tersebut mampu menjadi alternatif perbaikan ekonomi bagi masyarakat Desa Cimekar untuk bertahan dari dampak pandemi.

Melalui program yang bernama PLN Peduli, bantuan senilai Rp 50 Juta disalurkan untuk mewujudkan pertanian modern hidroponik di Desa Cimekar.

Baca Juga: Oppo Reno 7 hingga Daftar HP Oppo Terbaru sepanjang 2022, Paling Baru Oppo Reno 7A

Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk bahan material pembuatan kebun hidroponik serta bibit dan pupuk tanaman hidroponik. Selain bahan material pembuatan kebun, dalam bantuan ini juga disiapkan meja hidroponik. Sedangkan untuk bibit tanaman hidroponik akan dikembangkan tanaman sawi, bayam, selada, kangkung, anggur dan stroberi.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Duh! Ferdy Sambo Tak Jadi Kasih Rp 1 M ke Bharada E?

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:40 WIB
X