Apa itu Penyakit Ain? Kenali Ciri-ciri dan Cara Mencegahnya

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:00 WIB
Tidak seperti penyakit pada umumnya, Penyakit Ain tidak termasuk dalam penyakit medis. Lalu apa itu? Kenali ciri-ciri dan cara mencegahnya. (Pixabay )
Tidak seperti penyakit pada umumnya, Penyakit Ain tidak termasuk dalam penyakit medis. Lalu apa itu? Kenali ciri-ciri dan cara mencegahnya. (Pixabay )

AYOBANDUNG.COM -- Mendengar kata Penyakit Ain mungkin tidak asing lagi di telinga Anda. Tapi tahukah Anda, apa itu penyakit Ain?

Tidak seperti penyakit pada umumnya, Penyakit Ain ini tidak termasuk dalam penyakit medis karena itu adalah penyakit hati yang disebabkan oleh pandangan atau mata.

Rasulullah SAW, pernah membahas perihal Penyakit Ain ini dalam salah satu haditsnya:

Baca Juga: Ini Penyebab Penyakit Ain dan Cara Mencegahnya

الْعَيْنُ حَقٌّ وَلَوْ كَانَ شَىْءٌ سَابَقَ الْقَدَرَ سَبَقَتْهُ الْعَيْنُ

Artinya: “Ain itu nyata (Haq), kalau saja ada sesuatu yang mendahului takdir, niscaya ‘ain akan mendahuluinya,” (HR Muslim).

Dilansir dari NU online, diketahui Penyakit Ain itu ada 2 macam.

Pertama, pandangan dari orang yang mempunyai tabiat buruk, di mana dalam hatinya terdapat rasa dengki, hasud dan ingin mencelakai orang yang dipandangnya.

Kedua, pandangan ketakjuban atau kekaguman dari orang yang tidak sedang merasa dengki, tapi rasa kekaguman itu tidak disertai dengan berdzikir pada Allah.

Baca Juga: Baca Doa Ini untuk Hindari Penyakit Ain

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X