Tips Lulus Jalur Mandiri PTN, Dijamin Berhasil Diterima di PTN

- Jumat, 24 Juni 2022 | 20:15 WIB
Ilustrasi -- Simak 6 tips lulus seleksi Jalur Mandiri PTN yang dijamin dapat membantu kamu berhasil diterima di PTN impian kamu (Pixabay/TeroVesalainen)
Ilustrasi -- Simak 6 tips lulus seleksi Jalur Mandiri PTN yang dijamin dapat membantu kamu berhasil diterima di PTN impian kamu (Pixabay/TeroVesalainen)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Terdapat 6 tips lulus seleksi Jalur Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dapat kamu terapkan dalam menghadapi seleksi Jalur Mandiri PTN.

Beberapa tips lulus ini dijamin dapat membantu kamu berhasil lulus seleksi Jalur Mandiri PTN dan diterima di PTN impian kamu. Simak tipsnya di sini.

Seleksi Jalur Mandiri PTN umumnya menggunakan nilai rapor SMA untuk jalur prestasi, nilai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang tidak lulus, ujian tertulis khusus Jalur Mandiri, dan campuran nilai SBMPTN dengan Jalur Mandiri.

Baca Juga: Gaji 13 Sudah Mulai Dicairkan Hari ini Kamis 23 Juni 2022? Catat Tanggal Tahapan Penting Lainnya di Sini

Dengan mengetahui macam penilaian Jalur Mandiri PTN inilah dapat dibuat tips lulus seleksi Jalur Mandiri PTN yang dijamin dapat membantu kamu berhasil diterima kuliah di PTN impian kamu. Simak tips berikut ini.

  1. Nilai SBMPTN harus tinggi

Meskipun kamu tidak lulus seleksi SBMPTN, kamu masih dapat menggunakan nilai SBMPTN untuk mengikuti seleksi Jalur Mandiri jika ada PTN yang mensyaratkan nilai SBMPTN sebagai ketentuannya.

Jadi, kamu harus tetap semangat mempelajari materi SBMPTN. Materi dan kisi-kisi soal SBMPTN bisa kamu dapatkan dari kenalan kakak kelas kamu, teman kamu, atau umumnya banyak dijual di pasaran.

  1. Pilih PTN yang sepi peminat

Sebelum mengikuti seleksi Jalur Mandiri PTN ada baiknya kamu mencari informasi di internet mengenai berapa kuota mahasiswa baru yang diterima melalui seleksi Jalur Mandiri.

Jika memungkinkan pilihlah PTN yang sepi peminat. Ini merupakan tips lulus agar kesempatan kamu untuk diterima kuliah di PTN tersebut lebih besar dibanding dengan PTN yang banyak peminat dengan kuota mahasiswa baru yang diterima terbatas.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Amalan Ibadah Terbaik di Bulan Muharram

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:24 WIB
X