Amalan Jumat Membaca Surat As-Sajdah, Wajibkah Saat Subuh?

- Jumat, 24 Juni 2022 | 06:31 WIB
Membaca surat As Sajdah dalam sholat subuh di hari Jumat merupakan salah satu Amalan Jumat. Apakah hal tersebut wajib? (Ayobandung.com/Herawati Ningsih )
Membaca surat As Sajdah dalam sholat subuh di hari Jumat merupakan salah satu Amalan Jumat. Apakah hal tersebut wajib? (Ayobandung.com/Herawati Ningsih )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - Membaca surat As Sajdah dalam sholat subuh di hari Jumat merupakan salah satu Amalan Jumat. Namun, apakah hal tersebut wajib dilakukan bagi umat muslim?   

Terdapat beberapa Amalan Jumat yang dapat dilakukan oleh umat muslim, di antaranya membaca Surat As-Sajdah, memotong kuku, mandi Jumat, melaksanakan sholat Jumat, memperbanyak sedekah, sholawat, doa, dan zikir.

Sholat Subuh di hari Jumat menjadi istimewa karena terdapat anjuran dari Nabi Muhammad SAW untuk membaca Surat As-Sajdah pada rakaat pertama.

Baca Juga: Khutbah Jumat 24 Juni 2022 Tema ‘Meraih Kebahagiaan di Negeri Akhirat’ Terbaru dan Lugas

Namun, apakah Amalan Jumat membaca Surat As-Sajdah dalam rakaat pertama sholat Subuh di hari Jumat merupakan sebuah kewajiban bagi umat muslim ataukah hanya sebuah anjuran sunnah dari Nabi Muhammad SAW?

Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Amalan Jumat membaca surat As Sajdah dalam rakaat pertama sholat subuh di hari Jumat dianjurkan karena di dalamnya terdapat ayat sajadah yang menganjurkan untuk melakukan sujud sajadah dan juga karena adanya beberapa kandungan, seperti penciptaan alam semesta dan manusia serta peringatan hari kiamat.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: «كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الجُمُعَةِ فِي صَلاَةِ الفَجْرِ الم تَنْزِيلُ السَّجْدَةَ، وَهَلْ أَتَى عَلَى الإِنْسَانِ حِينٌ مِنَ الدَّهْرِ»

“Dari Abu Hurairah ra dia berkata: Nabi SAW pada hari Jumat dalam sholat Fajar (Subuh) biasa membaca Alif Lam Mim Tanzil As-Sajdah dan Hal ata ‘alal insani hinum minad dahri,” (HR Al-Bukhari: 891 dan 1068).

Baca Juga: Ini Amalan Malam Jumat Sunnah Rasulullah, Bukan Hubungan Pasutri?

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puasa Wajib Pertama Kali Diperintahkan Kapan?

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:49 WIB
X