Dukung Pengembangan UMKM, PLN Salurkan Bantuan Pelatihan kepada Produsen Opak

- Kamis, 23 Juni 2022 | 18:17 WIB
Dukung Pengembangan UMKM, PLN Salurkan Bantuan Pelatihan kepada Produsen Opak
Dukung Pengembangan UMKM, PLN Salurkan Bantuan Pelatihan kepada Produsen Opak

LENGONG, AYOBANDUNG.COM -- PT PLN (Persero) berkomitmen untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai upaya dalam mendukung serta membangun perekonomian nasional.

Melalui salah satu unitnya yaitu PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Tengah (UIP JBT) bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) senilai Rp 45 Juta disalurkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Karedok, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang yang berada di wilayah pembangunan proyek PLTA Jatigede berkapasitas 2x55 MW.

Adapun bentuk bantuan yang diberikan berupa pelatihan pemasaran dan pengemasan opak, manajemen usaha hingga peralatan untuk pengemasannya.

Baca Juga: Gaji 13 Sudah Mulai Dicairkan Hari ini Kamis 23 Juni 2022? Catat Tanggal Tahapan Penting Lainnya di Sini

Bantuan ini menjadi bantuan TJSL kedua yang diberikan PLN melalui program PLN Peduli kepada Desa Karedok. Sebelumnya, pada tahun 2021 PLN juga telah memberikan bantuan kepada UMKM Opak Mekarsari berupa peralatan produksi opak. Hasilnya, UMKM Opak Mekarsari kini telah berhasil meningkatkan jumlah serta kualitas produksinya dan menjadi mitra binaan PLN.

Berangkat dari keberhasilan tersebut, tim TJSL PLN UIP JBT semakin yakin dengan potensi penjualan opak oleh kelompok usaha di Desa Karedok. Melalui pemantauan serta evaluasi yang cukup, bantuan pengembangan UMKM opak yang kedua kembali diberikan.

Pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta yang merupakan warga Desa Karedok sekaligus anggota BUMDes. Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari mulai dari 20 Juni hingga 24 Juni di Balai Desa Karedok.

Sementara itu, narasumber dalam pelatihan tersebut adalah kelompok UMKM Bringkka Sejahtera yang juga merupakan UMKM Binaan PLN UIP JBT yang kini telah berhasil mandiri. Dalam kesempatan tersebut, mereka dilatih cara pengemasan opak menggunakan mesin sealer. Setelah itu mereka juga dilatih cara pemasaran produk opak yang kini diberi merek Pada Jaya.

Baca Juga: Tunjangan Sertifikasi Guru Dihapus Saat Kurikulum Merdeka Berlaku? Cek Faktanya

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Jemaah Haji Asal Jabar Meninggal Dunia

Kamis, 30 Juni 2022 | 13:59 WIB
X