Gaji 13 PNS Akan Dicairkan, Ini Komponen yang Didapat dalam Gaji 13 dan Besarannya

- Kamis, 23 Juni 2022 | 11:10 WIB
Informasi gaji 13 dicairkan, berikut komponen dan besaran yang didapat dalam gaji 13 yang akan dijelaskan di sini (Flickr/Adam Cohn)
Informasi gaji 13 dicairkan, berikut komponen dan besaran yang didapat dalam gaji 13 yang akan dijelaskan di sini (Flickr/Adam Cohn)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Keuangan akan segera mencairkan gaji ke-13 pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) pada 1 Juli mendatang.

Direktur Pelaksanaan Anggaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Tri Budhianto mengatakan, persiapan pembayaran gaji ke 13 bisa dimulai pada Kamis 23 Juni 2022.

Selain itu pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM) dapat dilakukan setelah proses rekonsiliasi gaji atau mulai 24 Juni. Namun, pembayarannya mulai diberikan pada 1 Juli 2022.

Baca Juga: Sudah Pertengahan Juni, Gaji Ke 13 2022 Akan Cair Selangkah Lagi! 

Berdasarkan Peraturan Kementrian Keuangan Nomor : S-377/KPN.0803/2022 tentang “Petunjuk Teknis Pelaksaan Pembayaran Gaji ke 13 Tahun 2022 Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, Dan Penerima Tunjangan”

Ada beberapa komponen yang diberikan dalam gaji ke 13 tahun 2022 diatur sebagai berikut:

1). PNS, PPPK, TNI, Polri, Pejabat Negara, Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi, Pimpinan Lembaga Penyiaran Publik, dan Pegawai Non-Pegawai Aparatur Sipil Negara pada Lembaga Penyiaran Publik,
Diberikan gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan 50% tunjangan kinerja sesuai jabatan, pangkat, peringkat jabatan, atau kelas jabatan.

2) Wakil Menteri diberikan 85% dari gaji ke-13 menteri
3) Staf Khusus lingkungan kementerian/lembaga dan pejabat yang hak keuangan atau hak administratifnya disetarakan Menteri, Pejabat Pimpinan Tinggi, Administrator, atau Pengawas diberikan gaji ke-13 kepada pejabat yang setara atau setingkat hak keuangannya atau hak administratifnya

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Curah Turun dalam Dua Pekan, Janji Mendag Zulhas

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X