Gempa Afghanistan Tewaskan Hampir 1.000 Orang, Disebut Paling Mematikan

- Kamis, 23 Juni 2022 | 08:06 WIB
[Ilustrasi Gempa] Disebut paling mematikan, gempa Afghanistan berkekuatan 6,1 skala Richter pada Rabu, 22 Juni 2022 ini menewaskan hampir 1.000 orang.  (Pixabay)
[Ilustrasi Gempa] Disebut paling mematikan, gempa Afghanistan berkekuatan 6,1 skala Richter pada Rabu, 22 Juni 2022 ini menewaskan hampir 1.000 orang. (Pixabay)

AYOBANDUNG.COM - Telah terjadi bencana gempa Afghanistan berkekuatan 6,1 skala Richter pada Rabu, 22 Juni 2022.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Judha menyampaikan gempa Afghanistan ini terjadi sekitar pukul 01.24 waktu setempat. Gempa bumi tersebut terasa di hingga ke Kabul.

"Telah terjadi gempa bumi di Afghanistan pada tanggal 22 Juni 2022 dini hari sekitar jam 01.24. Sumber USGS, skala 6,1 SR. Gempa terasa hingga ke Kabul," kata Judha.

Baca Juga: Antisipasi Ancaman Gempa dan Petir, Sistem Keamanan KCJB Mulai Dipasang Bertahap

Bencana gempa gempa Afghanistan ini menewaskan sekitar 1.000 orang dan 600 orang lainnya luka-luka.

Dalam pernyataan resminya, Wakil Menteri Negara untuk penanggulangan bencana alam, Mawlavi Sharfuddin Muslim menjelaskan, bahwa jumlah korban itu masih belum bisa dipastikan lagi, karena gempa melanda daerah-daerah terpencil.

Sementara, Kantor Berita Bakhtar mengunggah video seorang pria sedang merekam kondisi pasca gempa melalui kamera ponselnya.

Baca Juga: Gempa Guncang Dompu dan Bima Senin Siang, Magnitudo 5.1

"Saya melakukan video ini untuk menunjukkan bahwa semua orang di sini berada di bawah gedung," katanya mengutip dari Suara.com, Kamis. 

"Di bawah rumah itu, lima orang. Rumah ini, enam orang. Dia beralih ke tumpukan puing lain dan di rumah ini, 13 mayat masih di bawah," katanya.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X