Tunjangan Sertifikasi Guru Dihapus Saat Kurikulum Merdeka Berlaku? Cek Faktanya

- Selasa, 21 Juni 2022 | 06:30 WIB
Apakah tunjangan sertifikasi guru dihapus bagi PNS saat Kurikulum Merdeka Belajar berlaku? Cek faktanya di sini. (Pixabay )
Apakah tunjangan sertifikasi guru dihapus bagi PNS saat Kurikulum Merdeka Belajar berlaku? Cek faktanya di sini. (Pixabay )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Apakah tunjangan sertifikasi guru dihapus bagi PNS saat Kurikulum Merdeka Belajar berlaku? Cek faktanya di sini.

Tunjangan profesi guru atau tunjangan sertifikasi guru atau adalah tunjangan yang diberikan kepada guru di luar gaji bulanan dan umumnya disalurkan setiap triwulan atau tiga bulan sekali dalam setahun anggaran.

Salah satu syarat atau kriteria guru PNS untuk menjadi penerima tunjangan sertifikasi guru atau tunjangan profesi guru adalah memenuhi beban kerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: 7 Penyebab Tunjangan Sertifikasi Guru Dihapus bagi PNS

Beban kerja guru baik di Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka Belajar adalah sama yakni minimal 24 Jam Tatap Muka (JTM) dalam sepekan.

Tetapi yang membedakan antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Belajar adalah Jam Pelajaran (JP) di Kurikulum Merdeka Belajar menjadi lebih sedikit dibanding Kurikulum 2013, sehingga beban kerja guru pun menjadi berkurang.

Jika beban kerja guru PNS berkurang, maka syarat atau kriteria untuk menjadi penerima tunjangan sertifikasi guru atau tunjangan profesi guru menjadi tidak terpenuhi.

Baca Juga: Besaran dan Syarat Mendapatkan Tunjangan Sertifikasi Guru sesuai Peraturan Pemerintah

Lalu apakah tunjangan sertifikasi guru dihapus bagi PNS saat Kurikulum Merdeka Belajar berlaku pada tahun ajaran 2022/2023 mendatang? Cek fakta dan uraian lengkapnya berikut ini.

Kurikulum Merdeka Belajar

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hebat! Simulator SMKN 6 Bandung Tembus Pasar Vetnam

Minggu, 20 November 2022 | 18:57 WIB
X