Besaran dan Syarat Mendapatkan Tunjangan Sertifikasi Guru sesuai Peraturan Pemerintah

- Senin, 20 Juni 2022 | 11:42 WIB
Tunjangan profesi adalah salah satu penghasilan tambahan yang bisa diterima seorang guru untuk meningkatkan kesejahteraan pendidik. (Flickr/Mark Doliner | Lisensi CC)
Tunjangan profesi adalah salah satu penghasilan tambahan yang bisa diterima seorang guru untuk meningkatkan kesejahteraan pendidik. (Flickr/Mark Doliner | Lisensi CC)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Tunjangan profesi adalah salah satu penghasilan tambahan yang bisa diterima seorang guru. Pemerintah memberikan tunjangan sertifikasi guru untuk meningkatkan kesejahteraan pendidik.

Rencananya tunjangan sertifikasi guru diberikan kepada guru yang lulus dalam melaksanakan Pendidikan Profesi Guru atau disebut juga dengan TPG

Tunjangan ini berlaku untuk semua guru PNS dan non-PNS yang telah berhasil menyelesaikan Program Sertifikasi Guru.

Berikut besaran tunjangan sertifikasi guru

Tunjangan Profesi Guru diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen, Serta Tunjangan Kehormatan Profesor.

Menurut ketentuan Pasal 1 ayat (4), Tunjangan Profesi Guru adalah tunjangan yang diberikan kepada guru dan dosen yang memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitas.

Tunjangan Profesi Guru dibayarkan sebulan sekali oleh pemerintah. Besaran Tunjangan Profesi Guru ditetapkan sebesar 1 kali gaji pokok guru PNS sesuai dengan golongannya. Bagi guru non-PNS besarannya merujuk aturan lebih lanjut.

Baca Juga: Ratusan Pencari Kerja Antusias Ikuti Job Fair Disnaker Kabupaten bandung

Dengan kata lain, Tunjangan Profesi Guru non-PNS sesuai dengan kesetaraan tingkat, masa kerja, dan kualifikasi akademik yang berlaku bagi guru dan dosen PNS.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X