6 Amalan Sunnah Idul Adha 2022 Sebelum Sholat Id yang Dianjurkan Rasulullah

- Kamis, 16 Juni 2022 | 14:27 WIB
6 amalan sunnah Idul Adha sebelum sholat id yang dianjurkan Rasulullah (Pixabay)
6 amalan sunnah Idul Adha sebelum sholat id yang dianjurkan Rasulullah (Pixabay)

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Selain Idul Fitri, salah satu hari besar umat islam adalah Idul Adha yang jatuh setiap tanggal 10 Zulhijjah. Simak penjelasan 6 amalan sunnah Idul Adha 2022 sebelum sholat id yang di anjurkan Rasulullah pada artikel berikut ini.

Hari raya Idul Adha disebut juga dengan hari raya kurban atau hari raya haji karena pada hari tersebut dilaksanakan ibadah kurban serta umat muslim yang lain juga sedang melaksanakan ibadah haji.

Selain itu, seperti halnya idul Fitri pada hari raya kurban atau hari raya haji ini umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan shalat dua rakaat secara berjamaah pada hari raya Idul Adha.

Baca Juga: BSU 2022 Kapan Cair? Catat! Kemnaker Tegaskan Bantuan Akan Disalurkan

Semua umat islam tentu menginginkan kesempurnaan ibadah di hari raya Idul Adha 2022 ini. Untuk itu untuk menambah nilai ibadah kita ada beberapa amalan yang dianjurkan Rasulullah pada hari raya kurban ini.

Sebagaimana dilansir ayobandung.com dari islam.nu.or.id,  berikut adalah 6 amalan sunnah di Idul Adha sebelum sholat id:

  1. Mengumandangkan takbir

Ajuran amalan sebelum sholat Idul Adha yang pertama adalah mengumandangkan takbir di masjis-masjid, mushalla, dan rumah-rumah pada malam hari raya yang dimulai sejak terbenamnya matahari hingga imam naik ke mimbar untuk berkhutbah di hari raya Idul Adha juga sampai dengan hari tasyrik terakhir yaitu tanggal 13 Zulhijjah yang mana pada hari-hari tersebut umat muslim dianjurkan untuk mengagungkan, memuliakan dan mengagungkannya.

Baca Juga: 19 Rincian Samsung Terbaru 2022, Samsung A52 Paling Dicari

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X