H+15, Kemlu Sebut Pencarian Eril di Bern Ada Kemajuan

- Kamis, 9 Juni 2022 | 16:45 WIB
Sungai Aare | Kementerian Luar Negeri menyebut ada progres dan kemajuan dalam pencarian anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. (Dok. Kemlu)
Sungai Aare | Kementerian Luar Negeri menyebut ada progres dan kemajuan dalam pencarian anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. (Dok. Kemlu)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Kementerian Luar Negeri menyebut ada progres dan kemajuan dalam pencarian anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.
 
Direktur Jenderal Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha mengungkapkan, proses pencarian Eril di Bern masih menunggu informasi detail dari kepolisian Bern.
 
Sebagaimana diketahui, keluarga Ridwan Kamil meyakini Eril wafat karena tenggelam akibat hanyut ketika berenang di Sungai Aare, Swiss, Kamis, 26 Mei 2022 waktu setempat.
 
Artinya, putra sulung Ridwan Kamil itu dinyatakan hilang oleh otoritas Swiss selama dua pekan lebih.
 
"Dapat kami sampaikan ada progres pencarian Eril di Bern. Saat ini masih tunggu informasi dan konfirmasi detail dari kepolisian Bern," kata Judha dalam konferensi pers daring, Kamis, 9 Juni 2022.
 
Menurutnya, konfirmasi dan informasi resmi terkait progres pencarian Eril ini akan disampaikan sesegera mungkin.
 
Berdasarkan pantuan Ayobandung.com di lapangan, sampai saat ini awak media mulai dari cetak, daring hingga televisi masih menunggu di Gedung Pakuan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut soal Eril.
 
 
"Jika sudah secara resmi akan disampaikan. Rencananya KBRI Bern menginformasiman pers rilis," ucapnya.
 
Sebelumnya, Kepolisian Bern memastikan bahwa pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang hilang di Sungai Aare, terus berlanjut. Hingga Selasa, 7 Juni 2022, pencarian telah mencakup sekitar 30 KM wilayah Sungai Aare. 
 
Metode pencarian setiap hari disesuaikan dengan kondisi Sungai Aare yang selalu berubah sesuai perkembangan cuaca. Perubahan metode ini juga selalu memperhatikan aspek keselamatan seluruh petugas yang terlibat pada misi pencarian.
 
Saat cuaca baik, jumlah pengunjung di Sungai Aare cenderung meningkat. Misalnya pada musim panas tahun 2021, jumlah pengunjung yang beraktivitas di Sungai Aare dapat mencapai 18.000 orang dalam satu hari.
 
 
Kepolisian Bern menilai bahwa peningkatan pengunjung akan memberikan dampak positif bagi upaya pencarian.
 
Mulai Selasa, 7 Juni 2022, KBRI Bern akan menerbitkan informasi mengenai perkembangan pencarian Emmeril Kahn Mumtadz secara berkala dan apabila terdapat informasi penting dari otoritas setempat. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X