Psikolog Jelaskan Fenomena Maut Remaja Cegat Truk, Seberapa Bahaya?

- Kamis, 9 Juni 2022 | 14:46 WIB
[ilustrasi kecelakaan] Psikolog Jelaskan Fenomena Maut Remaja Cegat Truk, Seberapa Bahaya? (Ayobandung.com)
[ilustrasi kecelakaan] Psikolog Jelaskan Fenomena Maut Remaja Cegat Truk, Seberapa Bahaya? (Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Baru-baru ini jagat maya dihebohkan kembali dengan aksi mencegat truk yang dilakukan oleh kelompok remaja. Aksi nekat kali ini terjadi di Jalan Otto Iskandardinata, Gerendeng, Karawaci, Kota Tangerang, Jumat (3/6/2022) lalu. Satu dari dua remaja cegat truk pun tewas dengan luka di kepala.

Sementara di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dua remajacegat truk hingga tertabrak. Kasat Lantas Polresta Bandung Kompol Rislam Harfian menyampaikan, berdasarkan keterangan yang diterima, motif kejadian tersebut diketahui lantaran ingin membuat konten video.

Korban yang masih berusia 14 tahun saat ini dilaporkan tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Hermina, Soreang, Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Kapan BSU 2022 Cair? Cek Jadwal dan Daftar penerima BLT di Sini, Kalian Termasuk?

Menanggapi fenomena maut tersebut, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Maryam Alatas menjelaskan bahwa kecenderungan remaja untuk melakukan sejumlah aksi menantang tersebut dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk menunjukkan eksistensi diri.

“Usia remaja adalah fase kritis dalam tahap perkembangan manusia. Karena dibilang anak-anak bukan, dibilang dewasa belum. Emosi remaja masih labil, remaja masih mencari jati diri, dan konformitas yang tinggi,” terang Maryam dinukil NU Online.

“Remaja butuh eksistensi, butuh diakui dan diterima dalam lingkungan pergaulannya sehingga rentan sekali remaja mengalami hal-hal tersebut,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, paradigma yang terbentuk juga kerap memicu remaja menganggap bahwa melakukan aksi menantang akan membuat dirinya dicap berbeda dari yang lain. Hal tersebut sangat disayangkan, lantaran dapat memicu berulangnya kejadian semacam itu kembali.

Baca Juga: Daftar HP Oppo Terbaru Ada Oppo Reno 7 dan Lainnya, Harga Update versi Juni 2022

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hebat! Simulator SMKN 6 Bandung Tembus Pasar Vetnam

Minggu, 20 November 2022 | 18:57 WIB
X