Arti Mimpi Ibadah Haji dan Umrah, Ini Maknanya untuk Kehidupan Nyata

- Rabu, 8 Juni 2022 | 15:37 WIB
[Ilustrasi] Arti Mimpi Ibadah Haji dan Umrah, Ini Maknanya untuk Kehidupan Nyata (Saudi Ministry of Media via AP)
[Ilustrasi] Arti Mimpi Ibadah Haji dan Umrah, Ini Maknanya untuk Kehidupan Nyata (Saudi Ministry of Media via AP)

Apa arti mimpi ibadah haji dan umrah? Pasalnya Tidak jarang, impian berangkat haji tersebut merasuk ke alam mimpi saat tidur.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Haji merupakan rukun Islam yang istimewa dan hanya bisa dilakukan oleh umat Islam yang mampu, termasuk secara finansial. Mayoritas umat Islam memiliki impian untuk melaksanakan rukun Islam kelima ini. 

Lalu apa yang akan terjadi ketika seseorang tidur lalu bermimpi melaksanakan ibadah haji? Syekh Muhammad Ibnu Sirrin dalam kitab Mu'jam Tafsirul Ahlam (Beirut: Maktabah As-Shafa, 2008, h. 283-284) menjelaskan sejumlah makna atau arti mimpi ibadah haji dan umrah.

Mimpi Berhaji saat Musim Haji

Jika pada musim haji seseorang bermimpi melaksanakan ibadah haji, ia akan diberikan anugerah untuk bisa melaksanakan ibadah haji walaupun secara perhitungan logika tidak memungkinkan. Maka tidak sedikit dari kalangan menengah ke bawah bisa menunaikan ibadah haji.

Baca Juga: Gaji ke 13 PNS 2022 dan Pensiunan Naik 50 Persen dan Cair Tanggal Ini? Cek di Sini

Selanjutnya, jika orang yang bermimpi naik haji itu kondisinya sedang sakit maka ia akan segera sembuh. Jika sedang terlilit utang akan segera terlunasi. Jika hati dan pikirannya dalam keadaan cemas maka ia akan selamat dari mara bahaya.

Selain itu, jika di kehidupan nyata orang yang bermimpi haji itu ada dalam kesulitan, ia akan segera mendapat kemudahan. Jika sedang bepergian, ia akan selamat di perjalanan. Jika merupakan seorang pedagang, ia akan mendapat keuntungan. Jika dimakzulkan, ia akan mendapatkan kembali kedudukannya, dan jika orang yang bermimpi itu sedang tersesat maka ia akan segera mendapatkan petunjuk.

Mimpi Batal Berangkat Haji

Syekh Ibnu Sirrin melanjutkan keterangannya dengan menjelaskan makna mimpi batal berangkat haji. Menurutnya, ada beberapa makna jika seseorang mimpi batal berangkat haji.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X