Gaji ke 13 PNS dan CPNS Cair Bulan Depan, Segini Loh Besarannya

- Selasa, 7 Juni 2022 | 12:59 WIB
Gaji ke 13 PNS dan CPNS Cair Bulan Depan, Segini Loh Besarannya (Mohamad Trilaksono/Pixabay)
Gaji ke 13 PNS dan CPNS Cair Bulan Depan, Segini Loh Besarannya (Mohamad Trilaksono/Pixabay)

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- 13 April yang lalu Presiden Joko Widodo menandatangani peraturan pemerintah mengenai pemberian THR serta Gaji ke 13 Tahun 2022. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022 disebutkan bahwa yang berhak mendapatkan gaji ketiga belas diantaranya adalah PNS (Pegawai Negeri Sipil), CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), PPPK, Prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, pensiunan, penerima pensiunan dan penerima tunjangan.

Mengenai jadwal pencairan gaji ke 13, dalam PP Nomor 16 Tahun 2022 disebutkan bahwa gaji ketiga belas akan dibayarkan paling cepat pada bulan Juli. Hal tersebut juga telah ditegaskan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“ untuk kebutuhan pendidikan putra/putri ASN, TNI, dan Polri,” ujar Sri Mulyani.

Baca Juga: CEK SEGERA BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022 Cair dengan 4 Cara ini! Apakah Cair Juni?

Sehingga sudah dapat dipastikan bahwa gaji ketiga belas Pegawai Negeri Sipil dan Calon Pegawai Negeri Sipil akan cair bulan depan. Lantas berapa sih besaran gaji ketiga belas Pegawai Negeri Sipil dan Calon Pegawai Negeri Sipil?

Mengenai besaran Gaji Ketiga Belas, Menkeu Sri Mulyani menjelaskan bahwa Gaji Ketiga Belas yang diberikan kepada ASN, pensiunan hingga penerima tunjangan adalah sebesar gaji/pensiun pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji/pensiun pokok serta tunjangan kinerja sebesar 50% bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja.

Lebih lanjut lagi dalam PP Nomor 16 Tahun 2022 disebutkan rincian besara gaji ke 13 yang akan diterima oleh PNS, CPNS, dan PPPK adalah sebagai berikut ini :

Gaji Ketiga Belas Pegawai Negeri Sipil

Gaji ketiga belas Pegawai Negeri Sipil dibedakan berdasarkan sumber anggarannya. Bila merujuk pada PP Nomor 16 Tahun 2022 Gaji Ketiga Belas Pegawai Negeri Sipil ada yang sumber anggarannya dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) serta APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah).

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X