Candi Borobudur Akan Jadi Pariwisata Green Tourism, Dana Rp6,8 Triliun disiapkan

- Minggu, 5 Juni 2022 | 16:29 WIB
Destinasi Pariwisata andalan di Jawa Tengah, Candi Borobudur, akan ditata menjadi pariwisata Green Tourism. (Pixabay/moslem_alit0)
Destinasi Pariwisata andalan di Jawa Tengah, Candi Borobudur, akan ditata menjadi pariwisata Green Tourism. (Pixabay/moslem_alit0)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Destinasi Pariwisata andalan di Jawa Tengah Candi Borobudur, akan ditata menjadi pariwisata Green Tourism.

Candi Borobudur dari tahun ke tahun selalu menjadi primadona tempat wisata baik wisatawan lokal dan mancanegara.

Tema  Green Tourism ini, diharapkan membuka lapangan kerja, usaha, dan membangkitkan ekonomi di kawasan pariwisata Candi Borobudur.

Dalam upaya mendukung  Green Tourism, Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ketika resmikan SPKLU (Stasiun Pengisian kendaraan Listrik di Magelang, 4 Juni 2022.

“Melalui penyediaan kendaraan pariwisata berbasis listrik dan SPKLU, diharapkan tahun depan Kawasan Borobudur bersih dari mobil fosil, sehingga menjadi kawasan hijau,” kata Luhut dikutip dari kemeparekraf.go.id.

Baca Juga: 2 Alasan Kenapa Gaji Ke 13 2022 PNS dan Pensiunan Cair Juli

Ketika berbicara tentang penataan, nantinya persoalan lahan, penempatan, dan jaringan listrik nantinya akan dirapikan, dengan target pada tahun 2024 selesai. Lebih jelas Luhut mengatakan.

“Semua penataan Kawasan Borobudur akan selesai pada tahun 2024, Presiden sudah perintahkan dan budget terakhir Rp 68 triliun untuk penataan ini semua, masalah tanah dibereskan, masalah penempatan dibereskan dan masalah lampu kabel tidak lagi di atas,” ujarnya.

Di satu acara yang sama, deputi bidang pengembangan destinasi dan infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu juga menyampaikan, bahwa pariwisata berbasis listrik akan digunakan sebagai moda transportasi yang menghubungkan titik-titik utama pariwisata.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Duh! Ferdy Sambo Tak Jadi Kasih Rp 1 M ke Bharada E?

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:40 WIB
X