Teka-teki Calon Presiden di Pilpres 2024, Begini Analisa Pakar

- Rabu, 1 Juni 2022 | 11:06 WIB
Ilustrasi kotak pemilu | Pakar Politik Unpad menilai manuver NasDem dalam menentukan pengusungan terhadap satu calon dipastikan lebih awal dibanding partai lain. (Pixabay/Thor_Deichmann)
Ilustrasi kotak pemilu | Pakar Politik Unpad menilai manuver NasDem dalam menentukan pengusungan terhadap satu calon dipastikan lebih awal dibanding partai lain. (Pixabay/Thor_Deichmann)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Pakar Politik Universitas Padjajaran (Unpad), Firman Manan menilai, manuver Partai Nasional Demokrat (NasDem) dalam menentukan pengusungan terhadap satu calon dipastikan lebih awal dibanding partai lain.

"Itu memang karakter Nasdem ya untuk kemudian memunculkan nama-nama diawal. Nah, kemudian kalau terkait nama-namanya tadi, misalnya kalau Anies dan Ganjar memang sudah masuk radar survei sejak lama," ujar Firman di Bandung, pada Selasa, 31 Mei 2022.

Firman menilai, NasDem memiliki kedekatan kuat dengan beberapa figur di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Meski bukan kader, Firman menilai hubungan Anies dengan NasDem memiliki latar belakang yang kuat terutama dengan Ketua NasDem Surya Paloh.

"Pak Anies kan memang punya kedekatan spesial kelitanya dengan NasDem ya sejauh ini selain dengan beberapa partai lain. Jadi, kalau saya pikir kalau nama Anies dan Ganjar tidak aneh ya karena secara elektabilitas juga sudah top three," terangnya.

Firman menilai, situasi akan menjadi rumit ketika NasDem ancang - ancang ingin mengusung Ganjar yang merupakan kader PDI Perjuangan.

"Nah ini yang berbeda dengan pak Ganjar sebetulnya, kalau pak Ganjar bagaimana pun masihkader PDI, ini tentu harus dilihat nanti kalau PDIP itu tanpa Ganjar," terangnya.

Sedangkan, untuk nama Jendral Andika, menurutnya, diprediksi mampu menaikan elektabilitas karena dikenal banyak publik.

Baca Juga: Keberadaan Limbah Merah yang Cemari Sungai Cimeta Ternyata Sudah Setahun Lalu

"Pak Andika cukup populer, sebetulnya kalau kita lihat hari ini siapa figur militer yang populer di mata publik keliatannya ya Pak Andika kalau kita bandingkan dengan yang lain," terangnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X