Patriot Desa Bekasi Gelar Seminar UMKM Setu Bersinar

- Selasa, 24 Mei 2022 | 12:59 WIB
Kadis PMD Kabupaten Bekasi Ida Farida (kiri) sedang melihat produk UMKM Setu Bersinar. (dok. Patriot Desa Setu)
Kadis PMD Kabupaten Bekasi Ida Farida (kiri) sedang melihat produk UMKM Setu Bersinar. (dok. Patriot Desa Setu)

 

AYOBANDUNG.COM -- Patriot Desa di Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, menggelar seminar bertajuk UMKM Setu Bersinar (Bangkitkan Ekonomi Berbasis Inovasi Pasar). Seminar pengembangan ekonomi digital bagi para pelaku usaha dan UMKM ini dilaksanakan pada 17-18 Mei 2022 di Aula Desa Taman Sari, Kecamatan Setu.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bekasi Ida Farida. Ada 60 peserta yang terlibat, terdiri dari pelaku usaha, pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bekasi, serta anggota DPRD Kabupaten Bekasi.

Dalam sambutannya, Ida mengatakan kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat desa melalui semua UMKM yang ada di Kabupaten Bekasi.

Baca Juga: Kemenkumham Koordinasi dan Audiensi Kekayaan Intelektual di Bekasi

Dalam acara ini dikukuhkan juga Forum UMKM Setu Bersinar, yang ditetapkan melalui SK Camat dan diketuai oleh Evi Meilina.

"Diharapkan dengan terbentuknya Forum UMKM Setu, para pelaku UMKM se-Kecamatan Setu dapat lebih terkoordinir dalam pendataan jumlah, dalam mendapatkan akses dan informasi pengembangan jaringan serta relasi, dan menjadi wadah diskusi serta ajang para pelaku UMKM untuk saling mendukung keberhasilannya usaha,” ujar Ida.

Menurutnya, UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk terhadap keberadaan UMKM.

Selain itu, pandemi juga telah mengubah perilaku konsumen dan peta kompetisi bisnis yang perlu diantisipasi. Konsumen lebih banyak melakukan aktivitas dari rumah dengan memanfaatkan teknologi digital melalui smartphone.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Jemaah Haji Asal Jabar Meninggal Dunia

Kamis, 30 Juni 2022 | 13:59 WIB
X