Sholat Berjamaah Sudah Boleh Lepas Masker, tapi Ada Syaratnya

- Senin, 23 Mei 2022 | 10:51 WIB
Majelis Ulama Indonesia (MUI) membolehkan pelaksanaan sholat berjamaah untuk tidak memakai masker. Tetapi ada syaratnya. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Majelis Ulama Indonesia (MUI) membolehkan pelaksanaan sholat berjamaah untuk tidak memakai masker. Tetapi ada syaratnya. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) membolehkan pelaksanaan sholat berjamaah untuk tidak memakai masker. Tetapi ada syaratnya.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Melalui Presiden Joko Widodo, Pemerintah mengambil keputusan untuk melonggarkan penggunaan masker bagi masyarakat saat beraktivitas di luar ruangan dan area terbuka.

Bagaimanapun, ada kondisi tertentu yang menyertainya, area tersebut tidak boleh padat orang.

Menanggapi hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga membolehkan pelaksanaan sholat berjamaah untuk tidak memakai masker.

Syaratnya, menurut MUI, hal ini hanya khusus bagi mereka yang jamaah sholat dalam kondisi sehat.

Baca Juga: Niat Puasa Senin Kamis Siang Hari, Jika Malam Lupa Baca Niat

“Seiring dengan pelonggaran protokol kesehatan yang kembali ditetapkan pemerintah, maka pelaksanaan sholat bagi masyarakat Muslim yang sehat sudah tidak memakai masker lagi,”kata Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh dilansir MUI Digital.

Kiai Asrorun Niam mengatakan, seusai sholat berjamaah, apabila berada di ruang publik perlu menyesuaikan.

Salat Jumat di Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Diponegoro, Kota Bandung, Jumat 8 April 2022. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Niat Mandi Idul Adha dan Tata Cara untuk Wanita

Kamis, 7 Juli 2022 | 12:18 WIB

7 Hikmah Qurban di Idul Adha Bagi Umat Islam

Kamis, 7 Juli 2022 | 10:14 WIB
X