Pengamat Sarankan Duet Ini untuk Koalisi Indonesia Bersatu Saat Pilpres 2024

- Jumat, 20 Mei 2022 | 15:17 WIB
Ilustrasi Pemilu. Pengamat politik menyarankan Koalisi Indonesia Bersatu menduetkan Airlangga Hartarto dengan salah satu kepala daerah pada Pilpres 2024.  (Attia/Ayobandung.com)
Ilustrasi Pemilu. Pengamat politik menyarankan Koalisi Indonesia Bersatu menduetkan Airlangga Hartarto dengan salah satu kepala daerah pada Pilpres 2024. (Attia/Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Pengamat politik dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Karim Suryadi, menyarankan Koalisi Indonesia Bersatu yang digagas Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PAN) menduetkan Airlangga Hartarto dengan salah satu kepala daerah pada Pilpres 2024.

Menurutnya hal tersebut akan menyempurnakan pasangan yang akan diusung karena memiliki latar belakang yang berbeda dan saling mengisi satu sama lain.

“Misalnya bagaimana Airlangga berpikir strategis nasional, sangat cocok didampingi oleh mereka yang mengerti urusan kecil kedaerahan, sehingga nanti ketika menjadi Wapres pendamping itu dia bertugas dalam memonitoring memberikan pengawasan itu akan cocok itu ya,” ujar Karim, Jumat, 20 Mei 2022.

Guru Besar Komunikasi Politik UPI ini menilai komposisi Menteri-Kepala Daerah menjadi kriteria yang ideal untuk menjadi pasangan Presiden dan Wakil Presiden berikutnya.

Baca Juga: Politikus Sebut STB Harus Didistribusikan Tepat Waktu untuk Rakyat

Sebab hal tersebut akan menghindari terjadinya persaingan antara Presiden dan Wakil Presiden yang dapat menghambat kinerja pemerintahannya nanti.

“Sebaliknya kalau misalnya dua-duanya menteri bisa menimbulkan matahari kembar atau dua-duanya kepala daerah bisa menimbulkan persaingan, secara psikologis akan beda gitu ya,” ujar Karim.

Pengamat politik menyarankan Koalisi Indonesia Bersatu menduetkan Airlangga Hartarto dengan salah satu kepala daerah pada Pilpres 2024. (Flickr/World Economic Forum/ Greg Beadl | Lisensi CC)

Karim menyebutkan nama-nama kepala daerah seperti Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan bisa menjadi opsi untuk menjadi pendamping jika koalisi ini memutuskan mengusung Airlangga.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X