Politikus Sebut STB Harus Didistribusikan Tepat Waktu untuk Rakyat

- Jumat, 20 Mei 2022 | 15:02 WIB
Ilustrasi remote TV. Distribusi set top box (STB) untuk menunjang analog switch off (ASO) atau migrasi ke siaran tv digital harus selesai tepat waktu. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi remote TV. Distribusi set top box (STB) untuk menunjang analog switch off (ASO) atau migrasi ke siaran tv digital harus selesai tepat waktu. (Pixabay/PublicDomainPictures)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Anggota Komisi I DPR RI, Junico BP Siahaan, berharap distribusi set top box (STB) untuk menunjang analog switch off (ASO) atau migrasi siaran tv analog ke siaran tv digital ke masyarakat miskin selesai pada waktunya.

Pendistribusian STB ini dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan pemegang multipleksing yang ditunjuk.

Putaran pertama pendistribusian ASO STB ini dilakukan mulai 30 April 2022 ke daerah-daerah di Indonesia, sedangkan untuk wilayah Kota Bandung dan Cimahi masuk dalam putaran kedua pendistribusiannya atau sekitar Agustus 2022.

"Untuk wilayah Kota Bandung dan Cimahi rencananya akan mulai didistribusikan ASO STB ini per 10 Agustus 2022. Saat ini kami juga ingin melihat respons dari masyarakat," kata Nico selepas melakukan pemecahan rekor MURI senam sehat di sekitar Gor C-Tra, Cikutra, Jumat, 20 Mei 2022.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan pihaknya belum berkoordinasi lagi dengan Kominfo.

Baca Juga: Wabah PMK di Kabupaten Bandung, Muncul Temuan Kasus di 4 Kecamatan

Namun, ia mengaku tidak kaget ketika mengetahui pendistribusian STB sedikit terhambat lantaran belum ada komitmen dari para pemenang multipleksing.

"Jadi, mereka yang dapat itu mendapatkan jatah membagikan dan ini terjadi miss-konsepsi antara pemenang multipleksing dengan Kominfo yang kata multiplexer hanya sebatas menyediakan saja, tetapi Kominfo bilang harus menyediakan dan mengantarnya," kata mantan presenter televisi ini.

Anggota Komisi I DPR RI, Junico BP Siahaan, berharap distribusi set top box (STB) untuk menunjang analog switch off (ASO) atau migrasi siaran tv analog ke siaran tv digital ke masyarakat miskin selesai pada waktunya. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X