Mengenal Pengertian dan Sifat-Sifat Magnet

- Jumat, 20 Mei 2022 | 09:17 WIB

AYOBANDUNG.COM--Pastikan kalian pernah melihat besi yang dapat menempel di logam kan? Pernahkah kalian berpikir mengapa besi tersebut bisa menempel di benda logam atau bahkan di pintu kulkas? Besi yang dapat menempel pada besi atau logam lain memiliki kandungan magnet. Ada beberapa sifat-sifat magnet sehingga benda tersebut dapat menempel. Berikut informasi seputar pengertian dan sifat-sifat magnet yang dirangkum dari berbagai website bimbel di Indonesia.

Apa Itu Magnet?

Magnet adalah material yang mempunyai sifat-sifat khusus sehingga dapat menghasilkan gaya tarik-menarik maupun gaya tolak apabila didekatkan dengan material khusus lainnya.

Penemuan magnet awal kali di pertambangan logam di mana para penambang menyadari ada logam yang dapat menarik logam lain, meskipun tidak semua logam. Dari beberapa logam yang dijumpai, ada yang memiliki daya tarik kuat, lemah, bahkan tidak sama sekali.

Kata magnet asalnya dari bahasa Yunani yaitu "magnitis lithos", yang memiliki arti batu magnesia. Wilayah tersebut merupakan wilayah yang mempunyai material dengan kandungan magnet yang sangat banyak.

Sifat-Sifat Pada Logam Magnet

Karena kemampuan tarik-menariknya, tentunya ada sifat-sifat magnet yang hanya dimiliki oleh logam magnet dan tidak dimiliki material lainnya.

Adanya sifat magnet dapat mencirikan material bisa melakukan tarik-menarik dengan material khusus lainnya. Berikut ini merupakan beberapa sifat magnet yang perlu diketahui.

· Menarik Benda Atau Material Khusus

Sebuah benda memiliki kandungan magnet apabila dapat menarik material tertentu dengan sifat khusus.

Dalam hal ini, magnet tidak selalu dapat menarik semua benda di sekitar, tetapi hanya benda-benda tertentu yang mempunyai sifat khusus kemagnetan. Umumnya, material yang dapat ditarik dengan magnet yaitu jenis logam meskipun tidak semuanya.

Kekuatan tarikan logam juga berbeda-beda karena tergantung dengan jenisnya. Setiap logam memiliki perbedaan bahan khusus sehingga tingkat kekuatan tarikan magnet pun berbeda.

· Mempunyai Dua Kutub

Pastinya magnet mempunyai dua kutub yaitu kutub positif dan kutub negatif. Kedua kutub tersebut berada di kedua ujung magnet. Di bagian tersebutlah magnet dapat memiliki kekuatan untuk menarik benda lainnya.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X