Jumat 20 Mei 2022 Peringatan Kebangkitan Nasional Ke-114 Tahun Lengkap Pencetus, Twibbon, dan Ucapan Selamat

- Kamis, 19 Mei 2022 | 16:29 WIB
Jumat 20 Mei 2022 Peringatan Kebangkitan Nasional Ke-114 Tahun Lengkap Pencetus, Twibbon, dan Ucapan Selamat
Jumat 20 Mei 2022 Peringatan Kebangkitan Nasional Ke-114 Tahun Lengkap Pencetus, Twibbon, dan Ucapan Selamat



LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jumat 20 Mei 2022 peringatan Kebangkitan Nasional Ke-114 tahun lengkap pencetus tanggal tersebut, twibbon, dan ucapan selamat yang menyentuh hati.

Jumat 20 Mei 2022 hari ini, bangsa Indonesia memperingati hari Kebangkitan Nasional.

Hari kebangkitan Nasional ini diperingati sebagai bentuk bahwa salah satu cara mengatasi segala persoalan dan dinamik bangsa yang super plural ini, adalah menanamkan nilai Nasionalisme.

Baca Juga: Ribuan Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Bandung Gagal Berangkat

Nasionalisme menjadi roh dalam mempererat persatuan dan kesatuan bangsa yang menghadapi berbagai dinamika sosial, politik, dan agama yang kompleks.

Jumat 20 Mei 2022 kita kembali kepada sebuah masa untuk merenungkan bahwa jika kebangkitan tanpa nasionalisme yang menjadi roh perjuangan para cendekiawan dahulu, mungkin saat ini kita bukan menjadi bangsa yang besar seperti sekarang ini.

Namun karena berkat satu rasa yang sepenanggungan kita bisa menikmati keragaman dalam kehidupan berbangsa saat ini.

Baca Juga: Sabtu 21 Mei 2022 Hari Reformasi Nasional 1998, Inilah Kisah Singkat dan Apa Penyebabnya

Siapakah pencetus peringatan Hari Kebangkitan Nasional Indonesia yang jatuh setiap 20 Mei?

Pencetus peringatan HARKITNAS adalh Ir. Soekarno tepatnya pada 20 Mei 1948 yang mana pada saat itu kondisi dan situasi negara kurang baik dan kurang stabil.

Sebab begitu banyak dinamika yang dihadapi pemerintah waktu itu.

Dinamika terbesar waktu itu adalah kembalinya bangsa Belanda yang ingin menjajah Indonesia lagi.

Sehingga berkat nilai-nilai persatuan dan paham nasional yang dicanangkan oleh Dr. Sutomo bersama rekan-rekan cendekiawannya dalam membangun sebuah perkumpulan Budi Utomo.

Budi Utomo sendiri lahir pada 20 Mei 1908 yang mencanangkan sebuah paham Nasionalisme.

Mengingat paham nasionalisme ini sangat besar pengaruhnya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara maka, Soekarno menetapkan tanggal 20 Mei sebagai kebangkitan rasa Nasionalisme di Indonesia.

Paham yang digunakan oleh Presiden Pertama itu ternyata memiliki kekuatan yang luar biasa dalam emwujudkan sebuah bnagsa yang besaar tanpa terbagi-bagi lagi berdasarkan kepulauannya.

Twibbon Kebangkitan Nasional Ke-114:

1. https://www.twibbonize.com/harikebangkitan22
2. https://www.twibbonize.com/harkitnasth2021
3. https://www.twibbonize.com/kebangkitan2022
4. https://www.twibbonize.com/harkitnass2022
5. https://twb.nz/harkitnass2022


Twibbon ini bisa digunakan untuk mengucapkan selamat dan bisa disebarluaskan melalui media sosial.

Selain Twibbon, berikut adalah kumpulan ucapan selamat HARKITNAS 2022:

1. Ayo kita bangkit bersama dari keterpurukan akibat pandemi covid ini. Biarkan semua yang terjadi menjadi pelajaran berharga bagi masa depan bangsa dan tanah air Indonesia.

2. Kebangkitan adalah kehendak. Harapan adalah penggerak. Marilah kita bangkit bersama demi harapan yang belum kita capai. Selamat hari raya kebangkitan Nasional 20 Mei 2022.

3. Nasionalisme jadikan senjata melawan radikalisme. Harapan terakhir adalah raga yang berjiwa nasionalisme bukan radikalisme. Ayo bangkit bersama melawan radikalisasi dan radikalisme dalam Tubuh NKRI. Selamat HAri Raya Kebangkitan Nasional 20 Mei 2022

4. Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-144 tahun. Tanamkan semangat juang nasionalisme dalam hati dan sanubari kita semua.

5. Jadikan nasionalisme sebagai roh dan semangat dalam hidup berbansa dan bernegara. Selamat hari raya kebangkitan nasional ke-114 tahun 20 mei 2022.

Jadi, Jumat 20 Mei 2022 adalah peringatan Kebangkitan Nasional Ke-114 tahun, pencetus tanggalnya adalah Ir. Soekarno dan dilengkapi juga twibbon HARKITNAS 2022, dan ucapan selamat yang menyentuh hati.***

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X